PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS IX DI SMP NEGERI 10 PALEMBANG (Skripsi)

Isbani, Aminah Nur (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS IX DI SMP NEGERI 10 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu puncak dari suatu proses belajar. Hasil belajar tersebut terjadi terutama berkat evaluasi guru. Oleh karena itu dalam menentukan hasil belajar guru mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sangat tinggi. Kurang tepatnya penggunaan metode pembelajaran dapat menghambat penyerapan siswa pada materi yang telah dijelaskan oleh guru sehingga berakibat pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal, selain itu terkadang rendahnya hasil belajar siswa itu disebabkan oleh siswa itu sendiri yang kurang merespon materi yang telah diajarkan oleh guru. Oleh karena itu selain usaha guru dalam perbaikan ketika mengajar siswa pun harus mempunyai usaha dan kemauan untuk meningkatkan hasil belajar agar tercapai tujuan yang telah ditentukan. Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar Siswa kelas eksperimen yang menerapkan metode pembelajaran Point CounterPoint pada mata pelajaran PAI Kelas IX di SMP Negeri 10 Palembang, bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan metode pembelajaran Point CounterPoint pada mata pelajaran PAI Kelas IX di SMP Negeri 10 Palembang, Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan metode pembelajaran Point CounterPoint dan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan metode pembelajaran Point CounterPoint pada mata pelajaran PAI Kelas IX di SMP Negeri 10 Palembang ? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental yang menggunakan teknik post test onlycontrol group design. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-4 sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah 40 siswa, dan kelas IX-2 sebagai kontrol dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Dengan teknik analisis data kuantitatif yang dapat di hitung dengan angka-angka dengan menggunakan rumus test “t” untuk menguji kebenaran hipotesis nihil, namun sebelum pengujian hipotesis, data hasil belajar siswa terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dengan demikian, hasil eksperimen yang peneliti lakukan menunjukkan hasil sebagai berikut: Hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode pembelajaran Point CounterPoint pada mata pelajaran PAI Kelas IX-4 di SMP Negeri 10 Palembang yang berjumlah 40 siswa memperoleh nilai rata-rata 68,5, dengan nilai yang tertinggi yaitu 80 dan nilai yang terendah yaitu 45 serta Standar Deviasi 8,4. Kemudian hasil belajar siswa PAI pada kelas kontrol yang tidak diterapkan metode pembelajaran Point CounterPoint pada mata pelajaran PAI Kelas IX-2 di SMP Negeri 10 Palembang yang berjumlah 40 siswa yaitu memperoleh nilai rata-rata 54,5, dengan nilai yang tertinggi yaitu 78 dan nilai yang terendah yaitu 35 serta Standar Deviasinya adalah 7,8 dengan rincian 1,99 < 7,612 > 2,64 baik pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf signifikan 5%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, Point CounterPoint, teknik post test onlycontrol group design.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 16 May 2016 07:48
Last Modified: 16 May 2016 07:48
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item