UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGHAFAL NAMA MALAIKAT BESERTA TUGASNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DI KELAS IV SDN 11 RANTAU BAYUR KECAMATAN RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN (Skripsi)

Elyani, Elyani (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGHAFAL NAMA MALAIKAT BESERTA TUGASNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DI KELAS IV SDN 11 RANTAU BAYUR KECAMATAN RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penggunaan model yang tidak sesuai dengan tujuan pengajaran akan menjadi kendala dalam mencapai tujuan yang telah dirumuskan dalam kompetensi dasar. Cukup banyak bahan pelajaran yang terbuang percuma hanya karena penggunaan model menurut kehendak guru dan mengabaikan kebutuhan siswa, fasilitas, serta situasi kelas oleh karena itu penggunaan model mengajar yang bervariasi dapat menggairahkan belajar anak didik. sehingga kebosanan itu dapat terobati dan berubah menjadi suasana kegiatan pangajaran yang jauh dari kelesuan Berdasarkan identifikasi masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan : Apakah melalui model Index Card Match dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal nama malaikat dan tugas-tugasnya di kelas IV SD Negeri 11 Rantau Bayur Kec. Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin?; Dari masalah ini maka tujuanya adalah Untuk mengetahui efektifitas model Index Card Match dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal nama malaikat dan tugas-tugasnyadi kelas IV SD Negeri 11 Rantau Bayur Kec. Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin. Subjek penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 11 Rantau Bayur yang berjumlah 33 orang siswa, dengan pertimbangan kelas IV adalah kelas yang penulis hadapi dan masalah yang ditemui adalah dikelas yang penulis hadapi itu sendiri, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes formatif. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 3 siklus, dimana setiap siklus di lakukan melalu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 3 siklus, maka dapat diambil kesimpulan penggunaan model Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 11 Rantau Bayur , mata pelajaran PAI, hal ini dapat di lihat dari : Total Nilai Siswa Sebelum diterapkannya model Index Card Match pada pratindakan skor total hanya mencapai 1880, kemudian siklus 1 naik menjadi 2225 kemudian di siklus 2 naik lagi menjadi 2645 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 2815. Peningkatan Nilai Berdasarkan KKM. Sebelum diterapkannya model Index Card Match Perolehan nilai berdasarkan KKM adalah pra siklus yang hanya 4 orang kemudian pada siklus 1 naik menjadi 15 anak dan pada siklus 2 naik signifikan menjadi 31 anak dan pada siklus 3 meningkat menjadi 33 anak atau sudah 100% tuntas klasikal. Peningkatan Nilai Rata-Rata. Sebelum diterapkannya model Index Card Match dimana kondisi awal sebelum perbaikan nilai rata-rata 56.9, hasil perbaikan siklus I menjadi 67.4 dan pada siklus II menjadi 80 dan siklus III meningkat menjadi 85.3.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: model Index Card Match, menghafal nama malaikat, penelitian tindakan kelas (PTK).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 17 May 2016 02:13
Last Modified: 17 May 2016 02:13
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item View Item