STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA SRIMULYO KECAMATAN BELITANG MULYA KABUPATEN OKU TIMUR (Skripsi)

Sulastri, Tri (2016) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA SRIMULYO KECAMATAN BELITANG MULYA KABUPATEN OKU TIMUR (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
TRI SULASTRI_TarPGMI.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Strategi guru dalam proses pembelajaran merupakan salah satu komponen penting. Jika strategi tersebut tidak terdapat dalam proses pembelajaran, maka akan mempengaruhi proses dan hasil pembelajaran. Strategi guru dilakukan untuk membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik perhatian siswa, agar siswa lebih bersemangat dan tujuan pembelajaran dapat tercapai seperti yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Srimulyo Belitang Mulya OKU Timur? Dan faktor apa saja yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Srimulyo Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten OKU Timur? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Srimulyo Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten OKU Timur. Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Srimulyo Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten OKU Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu data yang diperoleh dari sumber data utama atau informan yaitu Kepala Sekolah, guru IPS, dan 6 siswa kelas V yang menjadi objek penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Srimulyo Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten OKU Timur. Sedangkan data sekunder adalah data yang bersifat penunjang dalam penelitian ini, dan didapat dari literatur-literatur yang berkaitan dengan penelitian ini, termasuk dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data deskriptif yaitu menggambarkan dan menguraikan data-data penelitian dengan kata-kata dan kalimat untuk diambil suatu kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Srimulyo Kecamatan Belitang Mulya Kabupaten OKU Timur yaitu: menggunakan metode (termasuk model) yang bervariasi, tanya jawab dan memberikan pujian, memberi nilai dalam bentuk angka, menggunakan media atau alat peraga, membuat kompetisi, serta memberikan hadiah dan hukuman. Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa yaitu pertama faktor internal yaitu faktor dari dalam diri siswa berupa kesehatan rohani siswa, dan kesungguhannya dalam belajar. Kedua faktor eksternal yaitu faktor dari luar diri siswa berupa keluarga (orang tua), lingkungan tempat tinggal siswa dan sarana prasarana siswa bersekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, meningkatkan minat belajar, metode deskriptif kualitatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 19 May 2016 02:16
Last Modified: 19 May 2016 02:16
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item