UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI LINGKUNGAN DI KELAS II.B MI MIFTAHUL JANNAH KENTEN KECAMATAN BANYUASIN PALEMBANG (Skripsi)

Ernawati, Ernawati (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI LINGKUNGAN DI KELAS II.B MI MIFTAHUL JANNAH KENTEN KECAMATAN BANYUASIN PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
ERNAWATI_TarKual.pdf

Download (680kB) | Preview

Abstract

Belajar mengajar pada dasarnya merupakan proses interaksi edukatf antara guru dan siswa. Tujuan dari interaksi edukatif tersebut meliputi tiga aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Untuk mencapai hasil belajar secara baik maka diperlukan peran maksimal dari seorang guru dalam penyampaian materi, penggunaan metode, model pembelajaran, pengelolaan kelas dan sebagainya. Selain itu, diharapkan kepada guru dapat lebih kreatif untuk melakukan kegiatan pendukung pembelajaran di dalam kelas dengan menggunakan berbagai media, teknik dan metode yang ada..Sehubungan dengan hal yang tersebut di atas maka permasalahannya sekarang apakah penerapan model pembelajaran Active learning Tipe Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi lingkungan. Sementara penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkungan pelajaran IPS melalui model pembelajaran Active Learning Tipe Picture And Picture pada siswa kelas ll.B MI Miftahul Jannah Palembang. Adapun Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan dengan 4 jam pelajaran, masing-masing jam pelajaran waktunya 35 menit, yang sebelumnya didahului dengan prasiklus. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi aktivitas siswa dan guru serta test formatif dengan menggunakan analisis deskriptip kualitatif yaitu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan di kelas ll.B MI Miftahul Jannah Palembang dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Active Learning Tipe Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi lingkungan .Hal ini dapat dilihat dari: capaian rata –rata nilai pada prasiklus hanya mencapai 45,33% kemudian siklus 1 naik menjadi 55,67% kemudian di siklus ll naik lagi menjadi 69,67%. Kemudian peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam belajar hal ini terlihat dari mulai prasiklus hanya 8 orang kemudian pada siklus 1 naik menjadi 19 orang kemudian pada siklus ll naik lagi menjadi 30 orang. Berdasarkan uraian di atas maka hipotesis yang berbunyi model pembelajaran Active Learing Tipe Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi lingkungan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Active learning, Tipe Picture And Picture, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 19 May 2016 02:32
Last Modified: 19 May 2016 02:32
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item