PENGARUH METODE BRAINSTROMING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 53 PALEMBANG (Skripsi)

Maharani, Sajidah (2016) PENGARUH METODE BRAINSTROMING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 53 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa di SMP Negeri 53 Palembang. Siswa tidak dibiasakan untuk berani mengajukan pertanyaan atau mengemukakan pendapat selama proses pembelajaran, serta dalam mengerjakan soal- soal jawaban seluruh siswapun rata- rata kurang bervariasi. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode Brainstroming agar kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dan pengaruh penerapan metode Brainstroming terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VIII SMP Negeri 53 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Brainstroming dengan kategori posttest-only control design yang melibatkan 39 siswa kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol dan 38 siswa kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen. Hasil dari penelitian ini didapat nilai kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu kemampuan berpikir orisinal 68,75% baik, kemampuan berpikir lancar 64,48% baik, kemampuan berpikir luwes 62,49% cukup baik dan kemampuan memerinci 73,49% baik. Dan kemampuan berpikir kreatif dapat juga dilihat dari nilai rata- rata kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen 73,03 sedangkan nilai rata- rata kemampuan kelas kontrol 64,96. Adapun pengujian hipotesis dengan uji-t didapat t_hitung=2,36439 >t_tabel=1,6655 karena t_hitung>t_tabel sehingga disimpulkan ada pengaruh positif yang signifikan mengenai metode Brainstroming pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VIII SMP Negeri 53 Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Brainstroming, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 19 May 2016 03:27
Last Modified: 19 May 2016 03:27
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/614

Actions (login required)

View Item View Item