PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL VIDEO DISC (DVD) DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ DI MI AL-‘ADLI PALEMBANG (Skripsi)

Asia, Reni (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL VIDEO DISC (DVD) DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ DI MI AL-‘ADLI PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
RENI ASIA_TarPGMI.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan penting bagi kehidupan manusia. Karena suatu peradaban yang maju sangat di tentukan dari kualitas sumber daya manusianya. maka dari itu, sebagai pendidik kita harus memperhatikan hal apa saja yang akan mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Salah satu faktor yang akan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran adalah media pembelajaran. Digital Video Disc (DVD) merupakan salah satu media pembelajaran yang bisa membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran. Selain itu, media ini juga menyajikan berbagai video menarik yang akan membuat motivasi belajar siswa semakin meningkat. Adapun rumusan masalah dalam peneltian ini adalah Bagaimana penggunaan media DVD pada mata pelajaran Akidah akhlaq siswa kelas V di Madrasah Ibtida’iyah Al-‘Adli Palembang? Bagaimana motivasi siswa kelas V dengan menggunakan Media DVD pada mata pelajaran Akidah Akhlaq di Madrasah Ibtida’iyah Al-‘Adli Palembang? Bagaimana Pengaruh penggunaan media DVD dengan motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Akidah Akhlaq di Madrasah Ibtida’iyah Al-‘Adli Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian komparatif, yaitu jenis penelitian yang sifatnya membandingkan keberadaan satu variabel atau lebih pada dua atau lebih sampel yang berbeda atau pada waktu yang berbeda. Adapun pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sampel dalam peneltian ini sebanyak 25 orang siswa kelas V yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan data yaitu Angket tertutup yang terdiri dari 12 pernyataan dimana masing-masing pernyataan terdapat 3 pilihan jawaban. Tehnik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif korelasi product moment .Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: tidak adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media DVD dengan motivasi belajar.karena dilihat Karena dilihat dari hasil analisis penelitian di dapat r_t untuk taraf signifikansi 5% = 0,396, r_t untuk taraf signifikansi 1%= 0,505, r_xy = 0,0216. Ternyata , r_xy < r_(t ) 5% dan r_t 1%, dengan kata lain 0,39 > 0,0216 < 0,505. Karena 〖 r〗_xy< r_t T.S 5% dan r_t T.S 1%, maka H_a di tolak dan H_0 diterima, dengan kata lain tidak terdapat pengaruh yang signifikan di antara penggunaan media DVD terhadap motivasi belajar siswa di MI Al-‘Adli Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Digital Video Disc, media pembelajaran, motivasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 20 May 2016 01:54
Last Modified: 20 May 2016 01:54
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item View Item