ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG (Skripsi)

Pebriansyah, Gika (2016) ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa keterkaitan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan sesuatu di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minat. Minat tidak di bawa sejak lahir, melainkan diperoleh kemudian. Minat terhadap suatu dipelajari dan mempengaruhi belajar selanjutnya serta mempengaruhi penerimaan minat-minat baru. Jadi minat terhadap sesuatu merupahkan hasil belajar dan menyokong belajar selanjutnya. Walaupun minat terhadap sesuatu hal tidak merupakan hal yang hakiki untuk dapat mempelajari hal tersebut, asumsi umum menyatakan bahwa minat akan membantu seseorang mempelajari suatu hal. seorang siswa yang belajar dengan adanya minat, akan termotivasi dalam mengerjakan sesuatu bidang yang digelutinya. Sedangkan siswa yang belajar tanpa adanya minat, akan sulit untuk mencapai suatu keberhasilan karna tidak memiliki gairah melainkan hanya keterpaksaan dalam belajar. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa wawancara yang kemudian hasilnya di analisis melalui deskriftif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di madrasah ibtidaiyah hijriyah II palembang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel populasi. Jumlah sampel populasi sebesar 50 dengan 48 siswa dan 2 orang guru mata Sejarah Kebudayaan islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan hasil analisa data wawancara minat belajar siswa menunjukan hasil bahwa minat belajar siswa yang di tunjukan dengan rata-rata 25% yang dikategorikan tinggi. Adapun faktor yang mempengaruhi minat belajar antara lain ada 3 faktor yang penyebab rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam yaitu: (1) minat belajar siswa berada kriteria cenderung tinggi, (2) faktor intern faktor ekstern dan (3) faktor teknik dan pendekatan merupakan faktor yang berhubungan dengan metode pendekatanatau cara seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran disini dapat dilihat bahwa cara guru dalam menyampaikan materi pelajaran kurang baik karena setelah guru mengajar guru jarang sekali memberikan tes.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: deskriftif, sampel populasi, minat belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 20 May 2016 02:35
Last Modified: 20 May 2016 02:35
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item View Item