REGULASI EMOSI PADA KORBAN BULLYING DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG (Skripsi)

Ellisyani, Nanda Diti (2016) REGULASI EMOSI PADA KORBAN BULLYING DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Bullying merupakan tindakan yang menyalahi kekuatan dan kekuasaan yang bersifat merugikan orang lain baik secara fisik maupun psikis sehingga korban merasa di bawah tekanan dan cenderung tidak berdaya. Remaja cenderung memiliki emosi yang bergejolak. Di usia remaja, agar seseorang dapat terhindar dari perilaku-perilaku antisosial, maka diperlukan kemampuan untuk mengelola emosi yang disebut juga dengan regulasi emosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk, dampak, dan faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi emosi pada korban bullying di SMA Muhammadiyah 2 Palembang yang mampu menyesuaikan diri terhadap peristiwa bullying yang mereka alami, serta hikmah bullying yang mereka alami. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah lima remaja berusia antara 16-18 tahun saat menjadi korban bullying dan berdomisili di wilayah Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif ini bertujuan untuk membantu pembaca mengetahui apa yang terjadi di lingkungan di bawah pengamatan, diseimbangkan oleh analisis dan interpretasi mengenai regulasi emosi pada korban bullying. Hasil dari penelitian ini menunjukkan beberapa tema dalam regulasi emosi pada remaja korban bullying. Adapun tema tersebut yaitu cara korban untuk menyesuaikan diri terhadap bullying yang dialaminya antara lain: (1) Strategies to emotion regulation yaitu keyakinan individu untuk dapat mengatasi suatu masalah, seperti bermain game, mengucap istighfar, dan memfokuskan diri pada studi, (2) Engaging in goal directed behavior yaitu kemampuan individu untuk tidak terpengaruh oleh emosi negatif yang dirasakannya, serta tidak lari dari permasalahannya. Korban memilih untuk fokus pada studinya sebagai salah satu cara menyelesaikan permasalahannya, (3) Control emotional responses yaitu kemampuan individu untuk dapat mengontrol emosi, korban mampu menempatkan dan mengakui bahwa asal usul kesulitan tidak hanya berasal dari diri mereka sendiri, (4) Acceptance of emotional response yaitu kemampuan individu untuk menerima suatu peristiwa yang menimbulkan emosi negatif, korban cukup mampu membatasi dampak-dampak bullying agar tidak terlalu jauh menjangkau kehidupan mereka, dan menganggap bahwa dampak bullying yang dialaminya ini hanya dirasakan dalam jangka pendek.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Regulasi emosi, Bullying, Remaja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 20 May 2016 06:54
Last Modified: 20 May 2016 06:54
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item