PENGARUH PENERAPAN MEDIA SLIDE POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AHLIYAH 2 PALEMBANG (Skripsi)

Nopriyanti, Izza Darina (2016) PENGARUH PENERAPAN MEDIA SLIDE POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AHLIYAH 2 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Berhasil atau tidaknya suatu pendidikan ini salah satunya tergantung dari bagaimana cara guru mendidik siswanya. Guru mempunyai tujuan agar materi pelajaran dapat dipahami oleh seluruh siswa yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Media Slide Power Point terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah 2 Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini: Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan media slide power point pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah 2 Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan media slide power point pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah 2 Palembang? Adakah perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan media slide power point dengan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan media slide power point pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Ahliyah 2 Palembang? Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 125 orang, yaitu siswa kelas III di MI Ahliyah 2 Palembang yang terdiri dari 56 orang laki-laki dan 69 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes (posttest pada kelas kontrol dan eksperimen). Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji test ”t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: hasil belajar siswa III.A (Kelas Eksperimen) di MI Ahliyah 2 Palembang yang diterapkan media slide power point, tergolong sedang dengan presentase 72 %. Diikuti dengan hasil belajar siswa yang tergolong tinggi sebanyak 16%, dan tergolong rendah sebanyak 12%. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai belajar siswa pada saat posttest. Sedangkan hasil belajar siswa kelas III.B (Kelas Kontrol) di MI Ahliyah 2 Palembang yang tidak diterapkan media slide power point, tergolong sedang dengan presentase 64 %. Diikuti dengan hasil belajar siswa yang tergolong tinggi sebanyak 20%, dan tergolong rendah sebanyak 16%. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai belajar siswa pada saat posttest. Dari analisis data hasil belajar siswa di MI Ahliyah 2 Palembang, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas III.A (Kelas Eksperimen) yang diterapkan media slide power point dengan hasil belajar siswa kelas III.B (Kelas Kontrol). Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji t yaitu: perhitungan (to = 0,671) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts5% = 2,01 dan ttts1% = 2,68) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih kecil dari pada tt yaitu 2,01 > 0,671 < 2,68.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: meningkatkan hasil belajar, Penerapan Media Slide Power Point, penelitian eksperimen.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 08 Jun 2016 02:58
Last Modified: 08 Jun 2016 02:58
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item