UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM MEMBACA SURAT AN-NASR MELALUI MEDIA MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI I GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM (Skripsi)

Rusmalena, Rusmalena (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM MEMBACA SURAT AN-NASR MELALUI MEDIA MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI I GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan identifikasi masalah, maka penelitian ini mempunyai rumusan permasalahan : Apakah penerapan metode Make a Match dapat meningkatakan kemampuan membaca surat An-Nasr siswa kelas IV SD Negeri I Gelumbang Kabupaten Muara Enim? Bagaimana kemampuan membaca surat An-Nashr dengan menggunakan metode Make a Match siswa kelas IV SD Negeri I Gelumbang? Dari masalah ini maka tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IV SD Negeri I Gelumbang Kabupaten Muara Enim dengan menggunakan metode Make a Match dan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IV SD Negeri I Gelumbang Kabupaten Muara Enim dengan menggunakan methode Make a Match. Subjek penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah siswa kelas IV SD Negeri I Gelumbang Kabupaten Muara Enim, yang berjumlah 27 orang siswa, dengan pertimbangan kelas IV adalah kelas yang penulis hadapi dan masalah yang ditemui adalah dikelas yang penulis hadapi itu sendiri, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes formatif. Sementara tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan kemampuan membaca surat An-Nashr siswa kelas IV SD Negeri I Gelumbang Kabupaten Muara Enim, hal ini dapat dilihat dari pada hasil observasi. Sebelumnya diterapkan diterapkan metode ceramah ( pra siklus ) rentang nilai (30-40) berjumlah 6 orang, rentang nilai 50-60 berjumlah 15 orang, rentang nilai 70-80 berjumlah berjumlah 6 orang, dan rentang nilai 90-100 tidak ada. Hasil observasi siklus 1 rentang nilai 30-40 berjumlah tidak ada, rentang nilai 50-60 berjumlah 13 0rang, rentang nilai 70-80 berjumlah 14 orang, rentang nilai 90-100 tidak ada. Hasil observasi siklu 2 rentang nilai 30-40 tidak ada, rentang nilai 50-60 berjumlah 2 orang, rentang nilai 70-80 berjumlah 23 orang, rentang nilai 90-100 2 berjumlah 2 orang. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis penelitian Tindakan Kelas melalui pendekatan Kuantitatif, sumber data yang dugunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, test. Dan kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV dengan jumlah siswa 27 orang. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dengan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode Make a Match.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode Make a Match, surat An-Nasr, kemampuan membaca surat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 08 Jun 2016 04:27
Last Modified: 08 Jun 2016 04:27
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/665

Actions (login required)

View Item View Item