PENERAPAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA DAN MENULIS HURUF HIJAIYAH DI KELAS II SD NEGERI 36 BANYUASIN III KECAMATAN BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN (Skripsi)

Nurhayati, Helmi (2016) PENERAPAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA DAN MENULIS HURUF HIJAIYAH DI KELAS II SD NEGERI 36 BANYUASIN III KECAMATAN BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca dan Menulis Huruf Hijaiyah di Kelas II SD Negeri 36 Banyuasin III Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin” Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah: “Apakah penggunaan Media Kartu Huruf dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca dan menulis huruf hijaiyah di Kelas II SD Negeri 36 Banyuasin III Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin”? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Media Kartu Huruf dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca dan menulis huruf hijaiyah di Kelas II SD Negeri 36 Banyuasin III Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpukan data yaitu observasi dan tes. Observasi juga dapat berupa kegiatan pengamatan dan pencatatan terhadap gejala-gejala yang ditemukan di lokasi penelitian yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Sedangkan tes adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan siswa membaca dan menulis huruf hijaiyah di Kelas II SD Negeri 36 Banyuasin III Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin, maka diperlukan tes dalam bentuk lisan dan tulisan. Bentuk lisan dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan siswa membaca huruf hijaiyah, sedangkan bentuk tulisan untuk mengetahui kemampuan siswa menulis huruf hijaiyah, tes dilaksanakan sesudah proses pembelajaran dari tiap siklus yang dilaksanakan. Dari hasil penilaian memperlihatkan adanya peningkatan dari setiap siklus, hal ini dapat dibuktikan dengan kemampuan yang diperoleh siswa. Meningkatnya kemampuan dalam hal membaca huruf hijaiyah siswa dari prasiklus 39,2 (ketuntasan 0%), meningkat pada siklus pertama dengan nilai rata-rata 66,9 (Ketuntasan 46%) dan bahkan lebih meningkat lagi pada siklus kedua yaitu nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 88,4 (ketuntasan 100%) dari skor KKM 70. Sedangkan dari segi kemampuan siswa menulis huruf hijaiyah siswa dari prasiklus 43,8 (ketuntasan 0%), meningkat pada siklus pertama dengan nilai rata-rata 61,1 (ketuntasan 38%) dan bahkan lebih meningkat lagi pada siklus kedua yaitu nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 75,8 (ketuntasan 100%) dari skor KKM 70 Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran PAI materi huruf hijaiyah Kelas II menggunakan media kartu huruf.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Huruf, Meningkatkan Kemampuan Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 08 Jun 2016 06:26
Last Modified: 08 Jun 2016 06:26
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item