UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL DOA IFTITAH PADA SHOLAT FARDHU MELALUI METODE DRILL SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 21 AIR SALEH KABUPATAN BANYUASIN (Skripsi)

Musrifah, Musrifah (2016) UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHAFAL DOA IFTITAH PADA SHOLAT FARDHU MELALUI METODE DRILL SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 21 AIR SALEH KABUPATAN BANYUASIN (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV dan V.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah metode drill salah satu cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan, agar siswa memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari. Latihan yang praktis dan mudah dilakukan serta teratur melaksanakannya. Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas adalah: apakah dengan menggunakan metode drill dapat meningkatkan kemampuan menghafal doa Iftitah pada sholat fardhu siswa kelas III di SDN 21 Air Saleh. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas III berjumlah 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini adalah tes kemampuan membaca doa Iftitah. Berdarkan hasil penelitian tindakan kelas di atas, menunjukkan bahwa: sebelum perbaikan, berdasarkan nilai tes pra siklus tentang kemampuan menghafal doa Iftitah baru ada 7 orang siswa yang mampu menghafal dengan baik dan benar atau 25,9%, dan 20 orang siswa belum mampu menghafal doa Iftitah dengan baik dan benar atau 74,1% serta nilai rata-rata yang diperoleh baru mencapai 66,85. Pada siklus 1, adanya peningkatan kemampuan menghafal doa Iftitah bila dibandingkan dengan hasil sebelumnya. Siswa yang mampu menghafal doa Iftitah berjumlah 18 orang 66,66% dengan nilai rata-rata yang diperoleh 69,81. Pada Siklus 2, peningkatan kemampuan menghafal doa Iftitah telah mencapai jumlah 27 orang siswa atau 100% dengan nilai rata-rata yang diperoleh 78,88. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode drill dapat meningkatkan kemampuan menghafal doa Iftitah pada sholat fardhu siswa kelas III di SD Negeri 21 Air Saleh Kabupaten Musi Banyuasin. Kepada guru disarankan agar lebih memotivasi siswa dalam belajar menghafal doa Iftitah khususnya pada sholat fardhu maka dalam pembelajaran tersebut sangat diperlukan penggunaan media serta metode yang tepat dan sesuai dengan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Bagi peneliti lain diharapkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibuat oleh peneliti ini dapat dijadikan bahan acuan bagi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode drill, meningkatkan kemampuan, menghafal doa Iftitah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 09 Jun 2016 02:31
Last Modified: 09 Jun 2016 02:31
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item View Item