PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BUMI DAN CUACA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG (Skripsi)

Embun, Sari (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BUMI DAN CUACA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPA di MI Najahiyah Palembang. Bagaimana aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Bumi dan Cuaca di MI Najahiyah Palembang. Bagaimana pengaruh penggunaan media gambar terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Bumi dan Cuaca di MI Najahiyah Palembang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPA materi Bumi dan Cuaca di MI Najahiyah Palembang, untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Bumi dan Cuaca di MI Najahiyah Palembang dan untuk mempelajari pengaruh penggunaan media gambar terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Bumi dan Cuaca di MI Najahiyah Palembang. Jenis penelitian dalam skripsi ini deskriptif kuantitatif adalah menyangkut hasil angket yang disebarkan pada siswa kelas III C dan hasil observasi yang didapat dari seorang guru yang menjadi observer di MI Najahiyah Palembang yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah seuluruh siswa MI Najahiyah Palembang. Untuk menentukan sampel menggunakan tehnik Random Sampling ialah tehnik penentuan sampel secara random atau acak. Jenis data yang digunakan ialah data pimer dan sekunder. Data primer merupakan data pokok yang bersumber dari siswa dan salah satu guru yang menjadi observer di MI Najahiyah Palembang. Sedangkan data sekunder merupakan data pendukung yang bersumber dari kepala sekolah dan arsip dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yaitu data yang telah diperoleh kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu mean, standar deviasi dan persentase. Dan untuk menganalisis pengaruh antar variabel menggunakan rumus Korelasi Koefisien Kontingensi. Hasil penelitian ini setelah dianalisis oleh penulis pada bab sebelumnya diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh penggunaan media gambar terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi bumi dan cuaca di MI Najahiyah Palembang. Berdasarkan hasil analisis statistik ⱷ adalah 0,985 lebih besar dari pada “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% adalah 0,396 maupun taraf 1% adalah 0,505. Maka dapat disimpulkan penulis semakin banyak penggunaan media gambar dalam pembelajaran maka semakin banyak pula aktivitas-aktivitas siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media gambar, aktivitas belajar, Bumi dan Cuaca.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 09 Jun 2016 07:16
Last Modified: 09 Jun 2016 07:16
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item View Item