MINAT MASYARAKAT TERHADAP JUAL BELI EMAS PADA PEGADAIAN SYARIAH CABANG PALEMBANG (Skripsi)

Zulhijah, Devi (2016) MINAT MASYARAKAT TERHADAP JUAL BELI EMAS PADA PEGADAIAN SYARIAH CABANG PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
DELVI ZULHIJAH_FebEkoIsl.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Kesempurnaan Islam memberikan sebuah kejelasan dan ketegasan dalam aktivitas bisnis, termasuk dalam jual beli emas yang merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi sebagian pemilik modal yang tertarik pada investasi emas. Produk Mulia di Pegadaian Syariah merupakan salah satu alternatif tempat usaha yang sesuai dengan syariah Islam. Skripsi ini berjudul ” Minat Masyarakat Terhadap Jual Beli Emas Pada Pegadaian Syariah Cabang Palembang”. Pokok bahasan dalam penelitian adalah bagaimana minat nasabah terhadap jual beli emas dan faktor-faktor apasaja yang mempengaruhi nasabah untuk membeli emas di Pegadaian Syariah Cabang Palembang, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat dan faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah untuk membeli emas di Pegadaian Syariah Cabang Palembang Jenis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dilapangan. Untuk memperoleh data akurat, maka penelitian ini menggunakan alat pengumpul data yang berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah Minat nasabah terhadap jual beli emas Produk Mulia di Pegadaian Syariah Palembang dikarenakan Produk Mulia menguntungkan, merupakan alternatif investasi yang aman, peluang bisnis dengan resiko kerugian yang rendah, lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan investasi produk lain, bernilai jual tinggi dan mudah dalam bertransaksi, merupakan produk yang menarik, dan halal sesuai dengan syariat Islam. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah untuk membeli emas di Pegadaian Syariah dapat dilihat dari sisi a) faktor pengetahuan yaitu sosialisasi yang dilakukan oleh pihak bank, produk yang telah memenuhi kriteria jual beli secara syariah, transaksi jual beli sesuai dengan ketentuan yang berlaku, produk yang ditawarkan merupakan memenuhi standar kualitas dan keasliannya serta beban angsuran sesuai dengan kemampuan nasabah, b) faktor psikis yang mempengaruhi nasabah adalah Produk Mulia merupakan produk yang menarik, dapat meningkatkan prestise nasabah, mekanisme jual beli sesuai dengan ketentuan yang berlaku, memberikan keuntungan, faktor sosial yaitu kualitas dan standar yang baik, produk yang dapat bersaing, jual beli dapat dilakukan dengan mudah dan berlaku sepanjang masa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: ktivitas bisnis, jual beli emas, Pegadaian Syariah.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 09 Jun 2016 07:24
Last Modified: 09 Jun 2016 07:24
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item View Item