Agustini, Yeni (2016) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI QUR’ANIAH IV PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Penerapan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiayah Qur’aniah IV Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena selama ini siswa kurang berfatisipasi dalam mengikuti pembelajaran, dan Guru belum menggunakan model yang bervariasi dan hanya menggunakan model pembelajaran konvensional seperti ceramah, sehingga hasil belajar siswa belum sepenuhnya mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Penerapan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Madrasah Ibtiadaiyah Qur’aniah IV Palembang ? 2) Bagaimana perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkanya model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPA kelas V di Mi Qur’aniah IV Palembang ? Jenis Penelitian adalah Penelitian pre exsperimental disign Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas V Madrasah Qur’aniah IV Palembang yang bejumlah 28 orang. Dengan demikian yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Qur’aniah IV Palembang, yang berjumlah 28 orang responden sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Sehingga alat pengumpul datanya adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Rumus untuk analisis data memakai tes “t “ atau t, dalam keadaan dua sampel yang kita teliti merupakan sampel kecil (N Kurang dari 30). Hasil penelitian menunjukkan hasil penerapan tanpa menggunakan Model Student Teams Achievement Division (STAD) tergolong rendah, dan dengan menggunakan Model Student Teams Achievement Division (STAD) tergolong sedang. Penerapan dengan menggunakan Model Student Teams Achievement Divison (STAD) telah berhasil dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi Perubahan benda, telihat secara signifikan meningkat atau lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD). Hal ini terlihat berdasarkan hasil analisis data dengan membandingkan besarnya “t” yang kita peroleh dalam perhitungan (to = 11,10) dan besarnya t yang tercantum pada tabel t (tt.ts.5% = 2, 05 dan tt.ts. 1% = 2,77) maka dapat diketahui bahwa to lebih besar dari pada tt ; yaitu 2,05<11.10>2,77.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Student Teams Achievement Division (STAD), Meningkatkan Hasil Belajar, pre exsperimental disign. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 03:08 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 03:08 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/690 |
Actions (login required)
View Item |