PERILAKU PENCARIAN INFORMASI PENYANDANG TUNANETRA DALAM MENGAKSES INFORMASI MENGGUNAKAN KOMPUTER BERBICARA (SOFTWARE NVDA) DI PERPUSTAKAAN SLB–A (SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN TUNANETRA) PRPCN (PANTI REHABILITASI PENYANDANG CACAT NETRA) PALEMBANG (Skripsi)

Muzdhalifah, Dwi Vutri (2016) PERILAKU PENCARIAN INFORMASI PENYANDANG TUNANETRA DALAM MENGAKSES INFORMASI MENGGUNAKAN KOMPUTER BERBICARA (SOFTWARE NVDA) DI PERPUSTAKAAN SLB–A (SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN TUNANETRA) PRPCN (PANTI REHABILITASI PENYANDANG CACAT NETRA) PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
DWI VUTRI MUZDHALIFAH_AdaIlmPerp.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Perilaku Pencarian Informasi Penyandang Tunanetra Dalam Mengakses Informasi Menggunakan Komputer Berbicara (Software NVDA) Non Visual Desktop Access Di Perpustakaan SLB-A (Sekolah Luar Biasa Bagian Tunanetra) PRPCN (Panti Rehabilitasi Penyandang Cacat Netra) Palembang”, Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Perilaku Pencarian Informasi Penyadang Tunanetra Dalam Mengakses Informasi Menggunakan Komputer Berbicara (Software NVDA) dan Kendala apa saja yang dihadapi siswa dalam mengakses informasi menggunakan komputer berbicara (Software NVDA). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 20 orang, dengan rincian siswa pada tingkat SMPLB yang berjumlah 7 orang dan pada tingkat SMALB yang berjumlah 10 orang. Sedangkan 3 orang yaitu 1 orang kepala sekolah dan 2 orang petugas perpustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga pola perilaku pencarian informasi dalam mengakses informasi menggunakan komputer berbicara software NVDA (Non Visual Desktop Access) yang dilakukan ke 17 siswa penyandang tunanetra yaitu: Pertama: Ke 7 siswa dalam perilaku pencarian informasi menunjukkan bahwa memiliki tahapan yang sama dengan model perilaku pencarian informasi yang dikembangkan oleh Ellis diantaranya Starting, Chaining, Browsing, Differentiating, Monitoring, Extracting, Verifying, And Ending. Kedua: Ke 4 siswa penyandang tunanetra ditemukan bahwa dalam perilaku pencarian informasi menunjukkan bahwa memiliki tahapan yang sama dengan model perilaku pencarian informasi yang dikembangkan oleh Carol Kuhlthau diantaranya yaitu Inisiation, Selection, Exploration, Formulation, Collection, And Presentation. Dan Ketiga: Ke 6 siswa penyandang tunanetra ditemukan bahwa dalam melakukan tahapan pencarian informasi menggunakan komputer berbicara dengan Software NVDA (Non Visual Desktop Access) mereka baru belajar mengenal dan memahami cara-cara penggunaan menggunakan komputer berbicara tersebut baik itu mengenal hardware pada komputer maupun software pada komputer tersebut dan dalam pencarian informasi mereka lebih memanfaatkan koleksi media cetak braille yang ada di perpustakaan dengan langsung menelusur ke rak ataupun bertanya dengan seseorang yang ahli dalam bidang tertentu sesuai dengan kebutuhan informasi. Dan kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam mengakses informasi menggunakan komputer berbicara (Software NVDA) diantarnya yaitu dari segi penggunaan komputer berbicara, perilaku pencarian informasi penyandang tunanetra, kurangnya motivasi siswa penyandang tunanetra untuk memanfaatkan fasilitas dan layanan di perpustakaan, sumber daya manusia (sdm) pustakawan/petugas perpustakaan dan pendanaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Software NVDA, Tunanetra, PRPCN (Panti Rehabilitasi Penyandang Cacat Netra).
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 13 Jun 2016 05:54
Last Modified: 13 Jun 2016 05:54
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item