PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PLAYING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ’AISYIYAH 1 PALEMBANG (Skripsi)

Metaria, Metaria (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PLAYING ANSWERS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ’AISYIYAH 1 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Penerapan Metode Pembelajaran Playing Answers untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA ’Aisyiyah 1 Palembang. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah, Penerapan Metode Pembelajaran Playing Answers untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA ’Aisyiyah 1 Palembang. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Playing Answers (Bermain Jawaban) di SMA ’Aisyiyah dan Hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran Playing Answers (Bermain Jawaban) pada materi dakwah rasulullah periode Madinah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengumpulan data diperoleh dari data primer dan data skunder, adapun sampling dalam penelitian ini sebanyak 74 orang, 37 siswa kelas eksperimen dan 37 kelas kontrol. untuk mendapatkan data, penulis melakukan eksperimen pada kelas eksperimen dengan memberikan tes. untuk analisis data sendiri penulis menggunakan rumus test “t”. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan ini, yaitu, penerapan metode pembelajaran Playing Answers (Bermain Jawaban) untuk meningkatan hasil belajar siswa materi dakwah rasululullah di Madinah tersebut antara lain siswa berpartisipasi dan menyalurkan inspirasi dalam berbagai aktivitas kegiatan pembelajaran, sementara guru menjadi fasilitator serta dapat membangkitkan minat siswa ketika proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari nilai Mean kelas kontrol (67,185) dan mean kelas eksperimen (82,59). Jadi penerapan metode Playing Answers (Bermain Jawaban) mempunyai perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, karena berdasarkan perbandingan nilai “t” yang terdapat pada t0 adalah lebih besar dari pada “ttabel”, baik pada taraf signifikan 5% (2,00) maupun pada taraf signifikan 1% (2,660). Jadi dapat di baca (2,000< 5,773>2,660). Dengan demikian, bahwa hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan hasil belajar siswa kelompok kontrol terdapat perbedaan yang signifikan dengan demikian mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran Playing Answers (Bermain Jawaban) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA ’Aisyiyah 1 Palembang. Mempunyai pengaruh penting untuk hasil belajar siswa di SMA ’Aisyiyah 1 Palembangl.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Playing Answers, Hasil Belajar, kuantitatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:03
Last Modified: 13 Jun 2016 06:03
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/716

Actions (login required)

View Item View Item