PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMA ETHIKA PALEMBANG (Skripsi)

MUSTAGHFIROH, KHOIRUNNISA (2016) PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI SMA ETHIKA PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
KHOIRUNNISA MUSTAQHFIROH_TarMat.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Ethika Palembang. Siswa tidak dibiasakan untuk mengajukan pendapat dan mengerjakan soal-soal non rutin. Oleh karena itu, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan open-ended agar kemampuan berpikir kritis siswa meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendekatan open-ended. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen berbentuk one group pretest – posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Ethika Palembang pada semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 dengan mengambil satu kelas yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas X.1 memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open-ended. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes soal open-ended dengan kemampuan berpikir kritis. Pretest dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kritis sebelum pelaksanaan pembelajaran, sedangkan posttest dilakukan untuk mengetahui kemampuan akhir siswa setelah diterapkan perlakuan pembelajaran. Kemudian nilai pretest dan posttest akan dicari nilai gain yang digunakan untuk melihat peningkatan yang didapatkan dalam penelitian. Kemampuan berpikir kritis siswa diukur dengan nilai gain yaitu selisih nilai posttest dan pretest. Berdasarkan hasil nilai gain didapat, nilai tertinggi 0,6363 dan nilai terendah 0,0833 sedangkan rata-ratanya 0,2864. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa lebih baik lagi setelah menggunakan penerapan pendekatan open-ended.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pendekatan open-ended dan kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 Aug 2016 01:44
Last Modified: 03 Aug 2016 01:44
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item View Item