UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MEMBIASAKAN PERILAKU TERPUJI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 9 KECAMATAN GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM (Skripsi)

YASMIN, YASMIN (2016) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MEMBIASAKAN PERILAKU TERPUJI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 9 KECAMATAN GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM (Skripsi). Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
YASMIN_TarKual.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran PAI yang selama ini disampaikan dengan menggunakan metode Ceramah, belajar kelompok saja ternyata belum sepenuhnya dapat membiasakan perilaku terpuji setia kawan, kerja keras dan penyayang yang maksimal terhadap materi tersebut. Berangkat dari kenyataan ini, maka penulis ingin melakukan perbaikan yang dalam hal ini mengganti Metode Ceramah dengan Metode bermain sehingga dapat membiasakan perilaku terpuji setia kawan, kerja keras dan penyayang pada siswa. Penelitian ini di lakukan dengan pendekatan tindakan kelas atau disebut Penelitian Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Negeri 9 Gelumbang, kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim Tahun ajaran 2014/2015. Sesuai dengan ketentuan dalam penulisan penelitian adalah siswa, kelas dan mata pelajaran yang memang diampu oleh guru yang bersangkutan. Siswa yang dijadikan objek penelitian adalah sebanyak 21 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Mata pelajaran yang menjadi fokus penelitian adalah mata pelajaran PAI Sekolah Dasar, karena penulis memang merupakan guru mata pelajaran PAI di Sekolah dasar, dalam penerapan Metode bermain peran ini bertujuan untuk membiasakan perilaku terpuji setia kawan, kerja keras dan penyayang pada siswa kelas III SD Negeri 9 Gelumbang, kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulan Mei semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan melalui dua siklus. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Penggunaan metode bermain peran dapat membiasakan perilaku terpuji setia kawan, kerja keras, dan penyayang pada siswa-siswi Sekolah Dasar, terutama pada siswa kelas III SD Negeri 9 Gelumbang, kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim. Penggunaan metode bermain peran terbukti mampu membiasakan perilaku terpuji setia kawan, kerja keras, dan penyayang siswa-siswi kelas III SD Negeri 9 Gelumbang. Semakin besar persentase hasil observasi rata-rata siswa di lihat dari dua siklus dalam penelitian selalu menunjukkan adanya perubahan sikap siswa dalam membiasakan perilaku terpuji setia kawan, kerja keras, dan penyayang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: perilaku terpuji, Metode bermain, perbaikan pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 Aug 2016 02:22
Last Modified: 03 Aug 2016 02:22
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item View Item