PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERRED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANPAI KELAS XI DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG (Skripsi)

BAKRI, BAKRI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERRED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANPAI KELAS XI DI SMA NEGERI 5 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAKRI_TarPai.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurang tepatnya pemilihan model serta metode menyebabkan siswa cepat merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga membuat motivasi belajar siswa menurun. Hal ini disebabkan karena masih banyak siswa yang bercanda pada saat guru menjelaskan materi pelajaran, adanya ketidakfokusan siswa dikarenakan keluar masuk kelas pada saat jam pelajaran berlangsung, berbicara tidak penting bersama teman sebangku, dan adanya siswa yang sering melamun serta membuat kegaduhan dalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dengan diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together ini diharapkan siswa lebih termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Cooperative tipe Numberred Heads Together pada kelas XI mata pelajaran PAI di SMAN 5 Palembang?, Bagaimana motivasi belajar siswa kelas ekperimen yang diterapkan model pembelajaran Cooperative tipe Numberred Heads Together pada kelas XI mata pelajaran PAI di SMAN 5 Palembang?, Adakah perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Cooperative tipe Nuemberred Heads Together dan motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Cooperative tipe Numberred Heads Together pada kelas XI mata pelajaran PAI di SMAN 5 Palembang? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental method) yang menggunakan teknik post-test only control group design. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 5 Palembang, dengan sampel kelas XI IPA 3 dengan jumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan model Numberred Heads Together dan kelas XI IPA 4 dengan berjumlah 33 siswa sebagai kelas ekperimen yang menggunakan model Numberred Heads Together. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI pada eksperimen dan kelas kontrol. Untuk menguji signifikansi motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, digunakan rumus uji ”t” dan diperoleh t0 sebesar 9,90. Perhitungan t0 dengan membandingkan tt baik pada taraf signifikan 5% atau pada taraf signifikan 1% adalah: 2,00< 9,90 > 2,65. Dengan demikian, berarti Ha yang berbunyi bahwa Terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Cooperative tipe Numbrred Heads Together dan motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran Cooperative tipe Numberred Heads Together pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMAN 5 Palembang diterima dan hipotesis nihil (ditolak).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numberred Heads Together, model pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 04 Aug 2016 01:45
Last Modified: 04 Aug 2016 01:45
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item View Item