PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI TUBUH HEWAN DAN TUMBUHAN DI KELAS II MI HIJRIYAH I PALEMBANG. (Skripsi)

Fitriyani, Komaria (2016) PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI TUBUH HEWAN DAN TUMBUHAN DI KELAS II MI HIJRIYAH I PALEMBANG. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB 1 PTK.docx

Download (40kB)
[img] Text
BAB 2 PTK.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB 3 PTK.docx

Download (212kB)
[img] Text
BAB 4 PTK.docx

Download (106kB)
[img] Text
BAB 5 PTK.docx

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini dengan berlatar belakang yaitu rendahnya motivasi belajar melalui metode card sort pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sehingga guru harus melakukan pembaharuan dalam proses pembelajaran. Agar guru tidak hanya menggunakan satu metode saja yaitu ceramah yang menoton tanpa adanya perubahan dalam sistem pengajaran. Keadaan tersebut menimbulkan kejenuhan dan menurunkan minat dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal ini, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai motivator dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian refleksi,partisifasi dan kolaborasi. Pengembangan program berdasarkan data-data guru. Penelitian ini berjudul “Penerapan Metode Card Sort untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA pada Materi Tubuh Hewan dan Tumbuhan di Kelas II MI Hijriyah 1 Palembang”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA siswa kelas II MI Hijriyah 1 Palembang dengan menggunakan Metode Card Sort. Lokasi penelitian ini bertempat di MI Hijriyah 1 Palembang, subjek penelitiannya adalah siswa kelas II yang berjumlah 20 orang, laki-laki 11 orang dan perempuan 9 orang, dengan kemampuan heterogen membuat penelitian ini mendapatkan hasil beragam. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada pra siklus, kondisi hasil belajar siswa masih belum memuaskan terdapat 13 orang siswa atau 65% yang tuntas dan 7 orang siswa atau 35% yang tidak tuntas dalam pembelajaran. Sehingga dilanjutkan perbaikan-perbaikan dengan menjelaskan dan menggunakan langkah-langkah pembelajaran dengan metode card sort. Pada siklus I terdapat peningkatkan hasil belajar siswa yang cukup baik, dimana ada 16 orang siswa atau 80% yang tuntas dan 4 orang siswa atau 20% yang belum tuntas dalam pembelajaran. pada siklus II ini, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikkan dimana terdapat 20 orang siswa atau 100% yang tuntas dalam pembelajaran yang memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode card sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah I Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 31 Mar 2016 08:14
Last Modified: 18 Apr 2016 01:45
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item View Item