PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTs NEGERI 2 PALEMBANG.[SKRIPSI]

Destianah, Destianah (2017) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA DI MTs NEGERI 2 PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
DESTIANAH (12222024).pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa oleh sebab itu dari waktu ke waktu perlu adanya usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan pada pendidikan formal yang berupa hasil belajar siswa, untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan adanya peningkatan dan pengembangan sistem pengajaran. Saat ini banyak macam model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih baik salah satunya adalah model kooperatif. Dalam menggunakan model pembelajaran terkadang guru harus menyesuaikan dengan kondisi dan suasana kelas. Sebagai alternatif yang dapat diterapkan adalah model kooperatif tipe student facilitator and explaining. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe student facilitator and explaining terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII MTs Negeri 2 Palembang. Rancangan penelitian ini menggunakan posttest-Only control design dengan metode quasi-eksperimen. Populasi penelitian yaitu 192 siswa dengan sampel penelitian yang berjumlah 64 siswa. Hasil penelitian ini yaitu rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 83,43 dan kelas kontrol 79,37. Setelah mendapatkan data niali siswa maka dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji t unuk mengetahui pengaruhnya pada tarap kepercayaan 5 % . Hasil perhitungan uji-t sebesar 4,686 > 1,66980 atau nilai P-value (sig) sebesar 0,000, karena P-value<α, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa model kooperatif tipe student facilitator and explaining berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII MTs Negeri 2 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model kooperatif tipe student facilitator and explaining; keterampilan proses sains; Pelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 13 Jun 2017 02:16
Last Modified: 13 Jun 2017 02:16
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/878

Actions (login required)

View Item View Item