PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS AULIA CENDEKIA PALEMBANG.[SKRIPSI]

Ratnasari, Dian (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS AULIA CENDEKIA PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
DIAN RATNASARI 12210061.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Word Square Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs Aulia Cendekia Palembang. Perumusan masalah dari skripsi ini adalah Bagaimanakah aktivitas belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran (Word Square) pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Aulia Cendekia Palembang? Bagaimanakah aktivitas belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran (Word Square) pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Aulia Cendekia Palembang? Apakah ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran (Word Square) pada mata pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Aulia Cendekia Palembang? Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran word square terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII MTs Aulia Cendekia Palembang. Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa sesudah diterapkannya model pembelajaran (Word Square) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs Aulia Cendekia Palembang. Untuk mengetahui pengaruh dalam penerapan model pembelajaran (Word Square) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs Aulia Cendekia Palembang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif, adapun yangmenjadi sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah 31 siswa dan kelas VIII B dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, angket (post-test) dan dokumentasi. Dengan teknik analisis datanya menggunakan uji uji-t. Sebelum diterapkan model pembelajaran Word Square pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Iman Kepada Rasul-Rasul Allah di MTs Aulia Cendekia Palembang yaitu mendapat nilai tinggi 6 siswa (19,36%), tergolong sedang sebanyak 15 siswa (48,38%) dan tergolong rendah sebanyak 10 siswa (32,26%). Setelah menggunakan model pembelajajaran Word Square .Hal ini terbukti dari nilai siswa yang meningkat yaitu yang mendapat nilai tinggi (baik) sebanyak 10 siswa (32,70%), tergolong sedang sebanyak 14 siswa (45.16%) dan tergolong rendah sebanyak 7 siswa (22,58%). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik tes “T”. Dengan demikian, hasil eksperimen yang peneliti lakukan menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Word Square terhadap aktivitas belajar siswa, karena berdasarkan perbandingan nilai uji “t” diperoleh nilai thitung= 9,14 adalah lebih besar dari pada “t” tabel baik pada taraf signifikansi 1%=2,66 maupun pada taraf signifikansi 5%=2,00. Dengan demikian dapat dipahami bahwa model pembelajaran Word Square pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Iman Kepada Rasul-Rasul Allah di MTs Aulia Cendekia Palembang mempengaruhi aktivitas belajar siswa, dan Ha diterima dan H0 ditolak. (2,00 < 9,14 > 2,66).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 15 Jun 2017 04:38
Last Modified: 15 Jun 2017 04:38
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/906

Actions (login required)

View Item View Item