KEPEMIMPINAN INOVATIF DALAM MEMBANGUN KEMBALI KEPERCAYAAN MASYARAKAT KEPADA LEMBAGA PENDIDIKAN:Studi Kasus Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mandiri Palembang.[TESIS]

HERLINSI, HERLINSI (2017) KEPEMIMPINAN INOVATIF DALAM MEMBANGUN KEMBALI KEPERCAYAAN MASYARAKAT KEPADA LEMBAGA PENDIDIKAN:Studi Kasus Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mandiri Palembang.[TESIS]. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
herlinsi.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Tesis ini berjudul “Kepemimpinan Inovatif Dalam Membangun Kembali Kepercayaan Masyarakat Kepada Lembaga Pendidikan (Studi Kasus SMP Mandiri Palembang). Hal ini dilatar belakangi oleh kemajuan yang pesat pada lembaga pendidikan Mandiri setelah adanya peralihan jabatan kepala sekolah dari yang dahulu kepada kepala sekolah yang sekarang. Sehingga rumusan masalahnya yaitu: 1) Bagaimana karakteristik inovasi kepala sekolah dalam penguatan internal SMP Mandiri Palembang, 2) Bagaimana karakteristik inovasi kepala sekolah dalam membangun hubungan dengan masyarakat, 3) Apa faktor pendukung dan penghambat pemimpin dalam inovasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan alat pengumpul data dokumentasi, observasi, wawancara, dan alat validasi analisis data menggunakan triangulasi data dengan langkah langkah reduksi data, display dan verifikasi melalui triangulasi yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber dan comparasi. Penelitian ini menyimpulkan data bahwa inovasi kepala sekolah dalam penguatan internal dengan mengembangkan potensi guru, melaksanakan suvervisi guru, mengembangkan profesionalitas guru, mengaktifkan kegiatan MGMP. Adapun inovasi kepala sekolah dalam mengembangkan peserta didik yaitu evaluasi siswa, guru memeriksa setiap tugas siswa, membuka jalur komunikasi antara guru dengan siswa, guru wajib memberikan tugas jika tidak bisa mengajar, mengaktifkan kegiatan OSIS dan menyediakan kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Inovasi kepala sekolah dalam membangun hubungan dengan masyarakat yaitu dengan menjalin komunikasi dengan orang tua, menghadirkan orang tua di setiap rapat, menciptakan kerjasama baik antara guru dengan orang tua, serta melibatkan komite dalam kegiatan sekolah. Sedangkan faktor pendukung inovasi kepala sekolah yaitu profesionalitas guru, sarana dan prasaran sekolah, sedangkan faktor penghambat inovasi kepala sekolah yaitu minimnya ekonomi orang tua dan rendahnya intelektual siswa. Kontribusi penelitian secara konsep yaitu kepemimpinan inovatif digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam suatu lembaga sehingga animo masyarakat terhadap sekolah. Sedangkan kontribusi penelitian secara praktis bagi sekolah yang mengalami masalah yang sama diharapkan menggunakan kepemimpinan inovatif untuk memajukan sekolah, karena terbukti kepemimpinan yang inovatif dapat meningkatkan kualitas sekolah dan memajukan sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:31
Last Modified: 16 Jun 2017 04:31
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item View Item