PENGARUH KUALITAS PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP MINAT NASABAH PADA BMT MITRA KHAZANAH PALEMBANG.[SKRIPSI]

Atika, Irma (2017) PENGARUH KUALITAS PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP MINAT NASABAH PADA BMT MITRA KHAZANAH PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
IRMA ATIKA (1586100019).pdf

Download (885kB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Dalam rangka memenangkan persaingan, suatu perusahaan pasti memiliki strategi masing-masing dalam memajukan kegiatan operasionalnya. BMT Mitra Khazanah Palembang dalam menjalankan kegiatan operasional dengan cara meningkatkan kualitas produk pembiayaan murabahah, karena pembiayaan merupakan salah satu produk yang sangat dekat dengan nasabah. Kualitas produk didapatkan dengan cara menemukan keseluruhan harapan nasabah, sehingga selera nasabah disini sangat berpengaruh dalam membantu meningkatnya minat nasabah terhadap produk tersebut Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh kualitas produk pembiayaan murabahah terhadap minat nasabah pada BMT Mitra Khazanah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas prodk terhadap minat nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah produk pembiayaan murabahah di BMT Mitra Khazanah Palembang, dan sampel yang digunakan sebanyak 37 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Adapun variabel yang diteliti meliputi kualitas produk sebagai variabel bebas dan minat nasabah sebagai variabel terikat. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara kualitas produk pembiayaan murabahah terhadap minat nasabah, hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,981 dan nilai thitung sebesar 11.709 > t 2,030 serta memiliki nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan dari hasil analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,797 atau 79,7% yang artinya pengaruh variabel independen (kualitas produk) terhadap variabel dependen (minat nasabah) sebesar 0,797, artinya besarnya pengaruh variabel penilaian kualitas produk pembiayaan murabahah (X) terhadap minat nasabah (Y) adalah sebesar 79,7% sedangkan sisanya sebesar 20,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini seperti harga, promosi, lokasi dan kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Minat Nasabah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 06 Jul 2017 03:47
Last Modified: 06 Jul 2017 03:47
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item View Item