PENERAPAN MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI RASUL ULUL AZMI KELAS V DI SD NEGERI 95 PALEMBANG.[SKRIPSI]

GUSPARADU, WAHYU (2017) PENERAPAN MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI RASUL ULUL AZMI KELAS V DI SD NEGERI 95 PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
WAHYU GUSPARADU (12210265).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Media Komik dapat menjadi variasi baru bagi pengembangan media dalam dunia pendidikan yang dapat menjadi alternatif bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang menarik dan bermutu sehingga materi yang akan disampaikan guru bisa diserap oleh siswa dengan baik dan tentunya mampu meningkatkan hasil belajar yang optimal. Melihat fenomena yang terjadi di SD Negeri 95 Palembang, media pembelajaran yang digunakan masih menggunakan media yang konvensional sehingga memungkinkan siswa bosan dan tidak fokus dalam mengikuti proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Pertama, bagaimana hasil belajar siswa sebelum penerapan media komik pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi rasul ulul azmi kelas V di SD Negeri 95 Palembang. Kedua, bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan media komik pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi rasul ulul azmi kelas V di SD Negeri 95 Palembang. Ketiga, apakah penerapan media komik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi rasul ulul azmi kelas V di SD Negeri 95 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan Preeksperimental design dengan jenis data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif serta menggunakan data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V tahun ajaran 2016-2017 dengan jumlah 145 siswa kemudian diambil sampel kelas V. D yang berjumlah 28 siswa. Sampel ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu di dalam pengambilan sampelnya atau penentuan sampel untuk tujuan tertentu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental research) dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes untuk mengetahui hasil belajar. Selanjutnya diolah dengan proses pemindahan data dalam bentuk tabel yaitu tabel frekuensi. Selanjutnya untuk menghitung pengaruh penggunaan Media Komik terhadap hasil belajar siswa digunakan rumus tes “T”. Hasil belajar siswa sebelum penerapan media komik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam rasul ulul azmi kelas V. D. Dapat dianalisis dari data yang diperoleh bahwa yang tergolong tinggi sebanyak 5 siswa (17, 86%), tergolong sedang sebanyak 15 siswa (53,57%) dan tergolong rendah sebanyak 8 siswa (28,57%). Hasil belajar siswa setelah penerapan media komik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam rasul ulul azmi kelas V. D bahwa yang tergolong tinggi sebanyak 6 siswa (21,43%), tergolong sedang sebanyak 16 siswa (57,14%) dan tergolong rendah sebanyak 6 siswa (21,43%). Hasil t hitung yang diperoleh sebesar 10, 47 sedangkan pada taraf signifikan 5 % sebesar 2, 05 dan taraf signifikan 1 % sebesar 2, 77. Karena t hitung lebih besar dari pada t tabel dengan demikian hipotesis Alternatif diterima yaitu 2,05 < 10, 42 > 2, 77.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 06 Jul 2017 08:35
Last Modified: 06 Jul 2017 08:35
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item View Item