PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK SISWA KELAS VII MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG.[SKRIPSI]

PRANESTI, WINA (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI GARIS DAN SUDUT UNTUK SISWA KELAS VII MTs PATRA MANDIRI PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
WINA PRANESTI 12221107.pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajarn interaktif dengan menggunakan software Adobe flash CS6 untuk siswa kelas VII SMP/MTs yang memenuhi kriteria valid dan praktis serta memiliki efek potensial terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Prosedur penelitian pengembangan media pembelajaran terdiri dari 9 tahap yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII.1 yang berjumlah 32 siswa, 5 siswa untuk kelompok kecil dan 27 siswa kelompok besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, angket kepraktisan dan tes. Berdasarkan hasil validasi dari 6 validator diperoleh skor rata-rata untuk media pembelajaran sebesar 83,75, RPP sebesar 88,8, lembar angket kepraktisan sebesar 87,5, dan lembar posttest sebesar 83,3 sehingga instrument tergolong kategori sangat valid. Berdasarkan angket kepraktisan pada tahap uji coba pada kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh rata-rata skor sebesar 83,09 yang tergolong kategori sangat praktis. Berdasarkan angket kepraktisan pada tahap uji coba pada kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh rata-rata skor sebesar 82,79% yang tergolong kategori sangat praktis. Berdasarkan tes pada tahap uji coba pada kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh rata-rata skor sebesar 80,08 yang berarti Media Pembelajaran interaktif dengan menggunakan software Adobe Flash CS6 memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Sehingga media pembelajaran yang kembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika kelas VII tingkat SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, garis dan sudut, valid, praktis, efek potensial
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 11 Jul 2017 01:31
Last Modified: 11 Jul 2017 01:31
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item