KURNIA, YENI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALIZATIOAN AUDITORY KINESTETIC) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH ASSALAFIYAH KELURAHAN SUNGAI PINANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
YENI KURNIA (11270099).pdf Download (481kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul“Penerapan Model Pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetic) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata Al Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Assalafiyah Kelurahan Sungai Pinang”model pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetic) merupakan model pembelajaran dimana pembelajaran yang mengoptimalkan ketiga modalitas belajar dan menjadikan siswa merasa nyaman dan model pembelajaran ini mementingkan pangalaman belajar secara langsung dengan cara belajar dengan mengingat (visual) belajar dengan mendengar (auditory) dan belajar dengan gerak dan emosi (kinestetic). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetic) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata al quran hadits Madrasah Ibtidaiyah Assalafiyah Kelurahan Sungai Pinang? Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetic) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata al quran hadits Madrasah Ibtidaiyah Assalafiyah Kelurahan Sungai Pinang? Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetic) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata al quran hadits Madrasah Ibtidaiyah Assalafiyah Kelurahan Sungai Pinang ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetic) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran al quran hadits Madrasah Ibtidaiyah Assalafiyah Kelurahan Sungai Pinang , untuk melihat hasil belajar siswa kelas III pada mata al quran hadits Madrasah Ibtidaiyah Assalafiyah Kelurahan Sungai Pinang sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran model pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetic) dan,untuk melihat adakah perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetic) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata al quran hadits Madrasah Ibtidaiyah Assalafiyah Kelurahan Sungai Pinang Jenis penelitian Ekperimen one group pretest-posttest desaign yang merupakan bagian dari Pre-Experimental Desaign atau rancangan ekperimen yang sungguh-sungguh karena masih terdapat variabel luar yang berpengaruh. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 12 orang siswa kelas III Madrasah Assalafiyah Kelurahan Sungai Pinang. Sedangkan alat pengumpul data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah rumus tes”t” untuk dua sampel kecil yang saling berhubungan. Hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran VAK (Visualization Auditory Kinestetic) pada taraf signifikansi ttabel 5 % sebesar 2, 20 sedangkan pada taraf signifikansi ttabel 1 % sebesar 3,11.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 02:41 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 02:41 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/963 |
Actions (login required)
View Item |