NAIMAH, KHOIRUN (2017) PENERAPAN METODE GENIUS LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TELADAN PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
KHOIRUN NAIMAH (13270051).pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Metode adalah instrument penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan demikian metode harus menunjang pencapaian tujuan pembelajaran, apalah arti kegiatan belajar mengajar yang dilakukan tanpa mengindahkan tujuan pembelajaran. Pada suatu kondisi tertentu anak didik merasa bosan dengan metode konvensional. Hal ini bisa dilihat dari kecenderungan siswa yang bersifat pasif dalam menerima pelajaran SKI. Kegiatan pembelajaran seperti itu, guru perlu berkreatifitas dengan suasana yang lain, sehingga kejenuhan itu dapat terobati dan berubah menjadi suasana kegiatan pembelajaran yang menarik. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran SKI yaitu metode genius learning. Metode ini adalah menitikberatkan pada pembangun dan mengembangkan lingkungan pembelajaran yang positif dan kondusif serta menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode genius learning pada mata pelajaran SKI Kelas IV di MIN 1 Teladan Palembang, bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI sebelum dan sesudah diterapkan metode genius learning di MIN 1 Teladan Palembang, dan bagaimana pengaruh penerapan metode genius learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI Kelas IV di MIN 1 Teladan Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif Pre-Eksperimental dengan bentuk Design One Group Pretest-Posttest. Adapun populasi adalah siswa kelas IV berjumlah 120 siswa dan sampelnya kelas IV D berjumlah 30 siswa. Alat pengumpul data berupa observasi, dokumentasi, wawancara, tes. Teknik analisis data dengan rumus statistik TSR dan tes “t”. Hasil dari penelitian ini pertama penerapan metode genius learning terhadap hasil belajar siswa, masih terbatas karena guru menerapkan metode pembelajaran untuk menghindari kejenuhan belajar pada siswa. Kedua, terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas IV di MIN 1 Teladan Palembang, maka masing-masing dapat diuraikan yakni 14 (47%) mengatakan hasil belajar siswa dikategorikan tinggi, 10 (33%) responden dikategorikan sedang dan 6 (20%) kebawah termasuk kategori rendah. Dalam rangka uji coba terhadap penerapan atau keampuhan metode baru, dilaksanakan penelitian lanjutan dengan mengajukan Hipotesis Nihil yang menyatakan: Hal ini terbukti dari hasil perhitungan dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (to = 4,813) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (tt.ts5% = 2,04 dan tt.ts1% = 2,76) maka dapat diketahui to adalah lebih besar tt; yaitu 2,04 4,813 2,76 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 04:15 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 04:15 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/967 |
Actions (login required)
View Item |