PENERAPAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS X SMA YKPP PENDOPO KAB. PALI.[SKRIPSI]

SAPUTRA, HAIRUL LUFVI (2017) PENERAPAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS X SMA YKPP PENDOPO KAB. PALI.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HAIRUL LUFVI SAPUTRA 12210102.pdf

Download (9MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Penerapan Metode Braistorming Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran PAI siswa kelas X SMA YKPP Pendopo”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa sebelum penerapan metode brainstorming pada mata pelajaran PAI?. Bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan metode brainstorming pada mata pelajaran PAI?. Apakah penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan kegunaan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dalam proses belajar berlangsung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan teknik Pre test Post test Control Group Design. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif terdiri dari data yang menunjukkan angka seperti hasil pre-test dan post-test, jumlah guru, jumlah siswa dan sarana prasarana. Sedangkan data kualitatif terdiri dari hasil wawancara kepada kepala sekolah, guru PAI, data yang bersifat menggambarkan sejarah SMA YKPP Pendopo serta kondisi sekolah. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa SMA YKPP Pendopo. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi sekolah SMA YKPP Pendopo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA YKPP Pendopo yang berjumlah 110 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Observasi digunakan peneliti untuk keadaan sarana dan prasarana, keadaan jumlah ruangan dan mengamati aktivitas siswa. Wawancara untuk mengetahui informasi mengenai hasil belajar siswa kelas X sebelumnya sebagai latar belakang dari penelitian. Dokumentasi digunakan untuk peneliti untuk memperoleh data sejarah sekolah SMA YKPP Pendopo. Tes adalah salah satu alat evaluasi untuk membedakan antara kondisi awal siswa sebelum diterapkan metode brainstorming dengan kondisi sesudah diterapkan metode brainstorming. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tes t untuk mengetahui adanya peningkatan antara hasil belajar siswa kelas X sebelum dan sesudah diterapkannya metode brainstorming. Hasil penelitian ini adalah yang pertama, hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan metode brainstorming tergolong dalam kategori sedang sebanyak 13 orang siswa dengan presentase 61,904%. Kedua, hasil belajar kelas kontrol tanpa penerapan metode brainstorming tergolong dalam kategori sedang terdapat 11 orang siswa dengan presentase 52,380%. Ketiga, penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan test t lebih besar dari t tabel, baik pada taraf signifikan 5 % maupun pada taraf signifikan 1 % dengan rincian 2,05 < 3,836 > 2,71 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian ini yakni terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA YKPP Pendopo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 12 Jul 2017 02:25
Last Modified: 12 Jul 2017 02:25
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item View Item