HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN TINGKAT INTERAKSI EDUKATIF ANAK DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NURUL IMAN PALEMBANG.[SKRIPSI]

MUSLIMAH, HAYUSNIA (2017) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN TINGKAT INTERAKSI EDUKATIF ANAK DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NURUL IMAN PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HAYUSNIA MUSLIMAH (13210105).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi kecerdasan emosional di SMA Nurul Iman Palembang yang masih dianggap rendah. Hal ini terlihat dari kesadaran siswa untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya, siswa selalu mengekang dirinya untuk berkreasi misalnya siswa memiliki kreatifitas tapi tidak pernah menyalurkannya, kurangnya empati dan bersifat ikut-ikutan, kurang bekerja sama dengan orang lain maupun teman-teman lainnya. Dalam hal ini permasalahan siswa tidak boleh dibiarkan begitu saja, termasuk masalah kecerdasan emosional. Maka akan berdampak pada kemampuan siswa dalam menerima materi pembelajaran ataupun kegiatan lainnya, hal ini disebabkan oleh kurangnya interaksi yang terjalin antara guru dengan siswa. Dari permasalahan ini maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana kecerdasan emosional anak didik kelas X pada mata pelajaran PAI di SMA Nurul Iman Palembang?, Bagaimana interaksi edukatif anak didik kelas X pada mata pelajaran PAI di SMA Nurul Iman Palembang?, Adakah hubungan antara kecerdasan emosional dengan tingkat interaksi edukatif anak didik kelas X pada mata pelajaran PAI di SMA Nurul Iman Palembang?. Sedangkan Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan kecerdasan emosional dengan tingkat interaksi edukatif anak didik kelas X pada mata pelajaran PAI di SMA Nurul Iman Palembang. Jenis penelitian adalah penelitian non eksperimen. Sampel dalam penelitian adalah kelas X1 dan X2 berjumlah 60 orang siswa. Analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi dengan menggunakan rumus Product Moment. Setelah melakukan perhitungan dan analisis data, maka diperoleh data sebagai berikut: Pertama hasil analisis kecerdasan emosional siswa kelas X pada mata pelajaran PAI di SMA Nurul Iman Palembang, siswa dalam kategori tertinggi pada interval 28-30 didapatkan 9 orang dengan persentase 15%, siswa dalam kategori sedang terdapat interval 23-27 didapatkan 44 orang dengan persentase 73%. Sedangkan siswa dalam kategori rendah pada interval 22-17 didapatkan 7 orang dengan persentase 11,66%. Kedua hasil analisis interaksi edukatif siswa kelas X pada mata pelajaran PAI di SMA Nurul Iman Palembang, masuk dalam kategori tertinggi pada interval 27-26 didapatkan 12 orang dengan memiliki persentase 20%, siswa dalam kategori sedang terdapat pada interval 22-26 didapatkan 41 orang dengan persentase 68.33%, sedangkan siswa dalam kategori rendah berada pada interval 21-18 didapatkan 7 orang dengan persentase 11.66%. Ketiga Hubungan kecerdasan emosional dengan tingkat interaksi edukatif anak didik kelas X pada mata pelajaran PAI di SMA Nurul Iman Palembang mempunyai nilai korelasi sebesar 0.126 berdasarkan tabel interpretasi nilai r maka nilai korelasi jika diinterpretasikan menunjukkan hubungan yang sangat rendah karena 0,126 yang terdapat pada nilai r antara 0,000 sampai dengan 0,200.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 12 Jul 2017 07:13
Last Modified: 12 Jul 2017 07:13
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/983

Actions (login required)

View Item View Item