RAMADANI, FETI (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TELADAN PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Feti Ramadani 13270040.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran bahasa Inggris pada tingkat Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah masih sangat rendah, khususnya dalam aspek keterampilan berbicara. Keterampilan berbicara adalah kemampuan melafalkan kalimat dengan menggunakan kosakata yang tepat serta tata bahasa yang benar sehingga dapat dipahami oleh mitra bicaranya. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara maka perlu diadakannya pelatihan yang mendasar, di antaranya mengenalkan kosakata dan membuat kalimat sederhana, melalui berbagai pendekatan. Salah satu pendekatan yang dapat memotivasi serta memberi kesempatan yang luas kepada siswa untuk berbicara di dalam kelas tanpa merasa takut salah pengucapan ialah pendekatan komunikatif, sehingga siswa dapat mengungkapkan pikirannya melalui berbicara bahasa Inggris. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana keterampilan berbicara siswa kelas IV sebelum menerapkan pendekatan komunikatif pada pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang?, (2) Bagaimana keterampilan berbicara siswa kelas IV sesudah menerapkan pendekatan komunikatif pada pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang?, (3) Adakah pengaruh penerapan pendekatan komunikatif terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV pada pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang? Jenis penelitian yang digunakan eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk desain one group pretest-posteest. Adapun populasi dan sampelnya adalah siswa kelas IV berjumlah 121 siswa, dengan sampel 30 siswa kelas IVC. Alat pengumpulan data berupa observasi, tes praktik, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan rumus stastistik TSR dan Product Moment. Keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris sebelum diterapkannya pendekatan komunikatif (struktural) yang tergolong tinggi sebanyak 5 orang siswa (16%), tergolong sedang sebanyak 17 orang siswa (57%), dan tergolong rendah 8 orang siswa (27%). Sedangkan hasil keterampilan berbicara yang sesudah diterapkan pendekatan komunikatif yang tergolong tinggi sebanyak 8 orang siswa (27%) tergolong sedang sebanyak 16 orang siswa (53%) dan tergolong rendah sebanyak 6 orang siswa (20%). Dengan demikian, keterampilan berbicara siswa yang menggunakan pendekatan komunikatif tergolong baik. Berdasarkan analisis data dengan rumus product moment adalah nilai perhitungan lebih besar dari pada , baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1% dengan rincian 0,361 0,463. Ha diterima dan Ho ditolak. ini menunjjukan bahwa penerapan pendekatan komunikatif itu telah berhasil meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IVC pada pembelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Komunikatif, Keterampilan Berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 08:16 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 08:16 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/985 |
Actions (login required)
View Item |