YENTI OKTAVIANI, NIM. 13270145 (2017) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAYARAMAN OAGAN ILIR. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
FIX CD YENTI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisi Miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Payaraman. Rumusan masalah adalah sebagai berikut (1) Bagaimana Tingkatan Miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Payaraman? (2) Apa Faktor pendukung terjadinya Miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Payaraman? (3) Bagaimana usaha yang di lakukan untuk mengatasi Miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Payaraman, Tujuan penelitian untuk menggambarkan kondisi dilapangan tentang terjadinya Miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Payaraman Metode penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dicari dalam penelitian ini adalah Tingkatan miskonsepsi, faktor pedukung terjadinya Miskonsepsi, usaha mengatasi Miskonsepsi pada siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan temuan sebagai berikut (1Tingkatan Miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Payaramanmasih banyak siswa yang mengalami miskonsepsi pada mata pelajaran IPA (2Apa Faktor pendukung terjadinya Miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Payaraman pembelajaran adalah karakter siswa yang beda-beda sehingga guru kesulitan untuk mengkondisikan kelas dan banyaknya materi yang dikemas dalam dalam mata pelajaran IPA sehingga membuat guru tidak bisa melakukan proses belajar dengan kondusif .(3) usaha yang di lakukan untuk mengatasi Miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Payaraman, Hal pertama yang harus dilakukan guru adalah memahami kerangka berpikir siswa. Dengan memahami apa yang dipikirkan siswa dan apa gagasan siswa diharapkan guru dapat mengetahui penyebab miskonsepsi dan menemukan cara mengatasi miskonsepsi Kata kunci : Miskonsepsi, Mata Pelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi, Mata Pelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 06:20 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 06:20 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2888 |
Actions (login required)
View Item |