ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAYARAMAN OAGAN ILIR

YENTI OKTAVIANI, NIM. 13270145 (2017) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAYARAMAN OAGAN ILIR. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
FIX CD YENTI.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Skripsi ini berjudul Analisi Miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Payaraman. Rumusan masalah adalah sebagai berikut (1) Bagaimana Tingkatan Miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Payaraman? (2) Apa Faktor pendukung terjadinya Miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Payaraman? (3) Bagaimana usaha yang di lakukan untuk mengatasi Miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Payaraman, Tujuan penelitian untuk menggambarkan kondisi dilapangan tentang terjadinya Miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Payaraman Metode penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dicari dalam penelitian ini adalah Tingkatan miskonsepsi, faktor pedukung terjadinya Miskonsepsi, usaha mengatasi Miskonsepsi pada siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan temuan sebagai berikut (1Tingkatan Miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Payaramanmasih banyak siswa yang mengalami miskonsepsi pada mata pelajaran IPA (2Apa Faktor pendukung terjadinya Miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Payaraman pembelajaran adalah karakter siswa yang beda-beda sehingga guru kesulitan untuk mengkondisikan kelas dan banyaknya materi yang dikemas dalam dalam mata pelajaran IPA sehingga membuat guru tidak bisa melakukan proses belajar dengan kondusif .(3) usaha yang di lakukan untuk mengatasi Miskonsepsi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Payaraman, Hal pertama yang harus dilakukan guru adalah memahami kerangka berpikir siswa. Dengan memahami apa yang dipikirkan siswa dan apa gagasan siswa diharapkan guru dapat mengetahui penyebab miskonsepsi dan menemukan cara mengatasi miskonsepsi Kata kunci : Miskonsepsi, Mata Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Mata Pelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:20
Last Modified: 14 Jun 2019 06:20
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2888

Actions (login required)

View Item View Item