PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TIPE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL – ISLAM MATERI IMAN KEPADA RASUL KELAS XI DI SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG (Skripsi)

Wijaya, Susan (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TIPE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL – ISLAM MATERI IMAN KEPADA RASUL KELAS XI DI SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini yang berjudul “ Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E pada Materi Iman kepada Rasul di kelas XI SMA. ‘Aisyiyah 1 Palembang.”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran mata pelajaran Al-Islam materi Iman kepada Rasul di SMA. ‘Aisyiyah 1 Palembang masih menggunakan metode yang maih berpusat pada guru sehingga siswa kurang tertarik pada pelajaran tersebut dan hasil belajar kurang maksimal. Untuk itulah peneliti mencari cara untuk mendapatkan hasil belajar yang baik pada materi Iman kepada Rasuldengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Dengan metode pembelajaran Learning Cycle 5E diharapkan siswa dapat memahami materi pembelajaran dengan baik, siswa lebih berperan aktif dalam pembelajaran agar hasil pembelajaran bisa tercapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah, bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E, serta apakah ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi Iman kepada Rasul. Adapun metodologi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni pre-test post-test control group design dan data diperoleh dari hasil pre-test dan post-test kelas ekpserimen dan kelas kontrol. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam analisis data adalah menggunakan rumus Uji “t0”. Untuk menjawab rumusan masalah maka teknis analisis data yang digunakan adalah uji “T” yang mana jika (thitung > ttabel) H0 ditolak dan Ha diterima maka ada perbedaan yang signifikan dan jika (thitung <ttabel) H0 diterima dan Ha ditolak maka tidak ada perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas XI IPS 2 (kelas eksperimen) dengan kelas XI IPS 1 (kelas kontrol), Hal ini terlihat dari hasil hipotesis “t0” = 7,13 lebih besar dari tt (baik pada taraf signifikansi 5 % = 2,00 dan 1 % = 2,65), dengan rincian: 2,00 < 7,13> 2,65 maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berarti Hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran learning cycle 5E pada mata pelajaran Al - Islam materi Iman kepada Rasul di SMA ‘Aisyiyah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle 5E, hasil belajar, pre-test post-test control group design.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 May 2016 04:08
Last Modified: 18 May 2016 04:08
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/599

Actions (login required)

View Item View Item