AGUSTIANA, LISA (2017) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEBIASAAN MEMBACA SISWA DI KELAS X MIA 1 SMA NU PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Lisa Agustiana (13210323).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berawal dari realita yang terjadi di SMA NU Palembang. Dari hasil observasi awal, menunjukkan bahwa, tingkat kebiasaan membaca siswa rendah, yaitu siswa tidak mengunjungi perpustakaan disaat jam istirahat, siswa tidak membaca buku di perpustakaan, siswa tidak mencari materi tambahan di perpustakaan, setiap hari perpustakaan SMA NU Palembang sepi pengunjung, didalam kelas sebagian siswa tidak aktif dalam pembelajaran, ada beberapa siswa yang tidak berani bertanya maupun menjawab. Peran guru dalam mengatasi hal tersebut yaitu memberikan motivasi, menyampaikan materi dengan cara yang menyenangkan, memberikan tugas membaca di rumah. Namun, hal tersebut masih belum efektif. Peneliti mengadakan penelitian dengan judul “ Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kebiasaan Membaca Siswa Kelas X MIA 1 SMA NU Palembang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu pertama, bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan kebiasaan membaca siswa di kelas X MIA 1 SMA NU Palembang?. Kedua, Bagaimana tingkat kebiasaan membaca siswa di kelas X MIA 1 SMA NU Palembang?. Ketiga, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kebiasaan membaca siswa kelas X MIA 1 SMA NU Palembang?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru PAI, tingkat kebiasaan membaca siswa, dan faktor-faktor yang mempengaruhi kebiasaan membaca siswa kelas X MIA 1 SMA NU Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif. Sumber data yang digunakan ada dua, yaitu data primer diperoleh dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru dan siswa yang menjadi informan, dan data sekunder berasal dari document dan literature yang mendukung dalam penelitian ini. adapun alat pengumpulan data yaitu berupa observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Data yang terkumpul Kemudian dianalisa dengan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, peran yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kebiasaan membaca siswa di kelas X MIA 1 SMA NU Palembang sudah baik. Peran yang dilakukan guru yaitu: datang tepat waktu kedalam kelas untuk mengajar, berdo’a sebelum memulai pembelajaran, memotivasi siswa, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menjawab, memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca, dan memberikan tugas. Tingkat kebiasaan membaca siswa tergolong rendah. Hal ini dikarenakan siswa tidak memanfaatkan waktu untuk membaca buku pada saat jam istirahat, siswa tidak memanfaatkan fasilitas yang tersedia di ruang perpustakaan. Adapun faktor-faktor yang memperngaruhi kebiasaan membaca siswa yaitu: faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyaraka
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 13 Jul 2017 07:29 |
Last Modified: | 13 Jul 2017 07:29 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1000 |
Actions (login required)
View Item |