PENERAPAN STRATEGI MNEMONIC AKRONIM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI ASMA’UL HUSNA DI KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN.[SKRIPSI]

QIBTIYAH, MARYATUL (2017) PENERAPAN STRATEGI MNEMONIC AKRONIM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI ASMA’UL HUSNA DI KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
MARYATUL QIBTIYAH (12210154).pdf

Download (16MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Pelaksanaan proses belajar mengajar SMA Negeri 1 Tanjung Lago bahwa kegiatan pembelajaran yang diberikan saat mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Tanjung Lago belum pernah menggunakan strategi mnemonic akronim. Melalui hasil penerapan ini bahwa strategi mnemonic akronim dapat membantu siswa yang kesulitan menghafal serta memudahkan siswa dalam menghafal khususnya pada materi asmaul husna. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Pertama, Bagaimana pelaksanaan strategi mnemonic akronim pada mata pelajaran PAI materi asmaul husna di kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Tanjung Lago. Kedua, Bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan strategi mnemonic akronim dan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan strategi mnemonic akronim. Ketiga, adakah perbedaan hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan strategi mnemonic akronim, dengan hasil belajar siswa yang tidak menerapkan strategi mnemonic akronim pada mata pelajaran PAI materi asmaul husna di SMA Negeri 1 Tanjung Lago. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan design Nonequivalent Control Group Design dengan jenis data yang digunakan adalah jenis data kuantitatif, serta menggunakan sumber data primer (siswa, guru, dan kepala sekolah) dan sekunder (buku-buku dan semua aspek yang menunjang aspek penelitian). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMP Muhammadiyah 5 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji kebenaran hipotesis data yang telah diperoleh dari hasil pre-test dan posttest peneliti menggunakan rumus uji “t” yang dua sampel besar yang satu sama lain tidak mempunyai hubungan. Berdasarkan hasil penelitian penerapan strategi mnemonic akronim terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi asmaul husna di SMA Negeri 1 Tanjung Lago yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan strategi mnemonic akronim dengan hasil belajar siswa yang tidak menerapkan strategi mnemonic akronim. Hal ini terbukti setelah diketahui t0 (5,87) dan dikonsultasikan dengan ttabel baik taraf signifikasi 5% maupun 1% yaitu ; 2,01 < 5,87 > 2,66. Dapat disimpulkan bahwa strategi mnemonic akronim pada kelas X IPA 1 itu lebih baik hasil belajarnya jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak diterapkan strategi mnemonic akronim pada kelas X IPA 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jul 2017 02:23
Last Modified: 14 Jul 2017 02:23
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1006

Actions (login required)

View Item View Item