HUBUNGAN KESETARAAN GENDER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs IBNUL FALLAAH DESA BANGSAL KECAMATAN PAMPANGAN KABUPATEN OKI.[SKRIPSI]

OKTAROSA, URVIA (2017) HUBUNGAN KESETARAAN GENDER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs IBNUL FALLAAH DESA BANGSAL KECAMATAN PAMPANGAN KABUPATEN OKI.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
URVIA OKTAROSA (12210263).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Kesetaraan genderdalam hal ini berarti kaum perempuan sejajar dengan laki-laki dalam potensi intelektualnya, mereka dapat berpikir, mempelajari kemudian mengamalkan segala hal yang dihayati dari dzikir kepada Allah Swt. serta yang dipikirkan dari alam raya ini. Pada kesetaraan gender inisiswa laki-laki maupun siswa perempuan mempunyai kesempatan yang sama dalam mengikuti proses pembelajaran sesuai dengan bakat dan minat yang mereka miliki. Kemudian, berdasarkan observasi yang pernah dilakukan peneliti di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ibnul Fallaah Desa Bangsal Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI pada tanggal 25 Agustus – 1 September 2016, hasil wawancara langsung dengan guru di sana menyatakan bahwa antara siswa laki-laki dan perempuan mempunyai perbedaan prestasi, siswa laki-laki selalu mendominasi peringkat kelas. Selain itu, pada saat kegiatan pembelajaran siswa perempuan kurang berpartisipasi saat guru menjelaskan materi pelajaran, sehingga membuat mereka tidak bertanya mengenai materi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas kesetaraan gender di sekolah, untuk mengetahui tinggi-rendahnya minat belajar siswa dan adakah hubungan yang signifikan antara kesetaraan gender dengan minat belajar siswa di MTs Ibnul Fallah Desa Bangsal Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI pada proses pembelajaran Aqidah Akhlak. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Jenis data kuantitatif yaitu data berkenaan dengan Hubungan Kesetaraan Gender terhadap Minat Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ibnul Fallaah Desa Bangsal Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI. Sumber data primer adalah kepala sekolah, guru dan siswa sebagai sampel penelitian. Sedangkan sumber data sekunder adalah tenaga administrasi, buku-buku dan dokumentasi sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus persentase,TSR dan Product Moment. Dengan demikian, diperoleh hasil yakni terdapat hubungan (korelasi) yang signifikan antara Kesetaraan Gender terhadap Minat Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ibnul Fallaah Desa Bangsal Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI. Hal ini dibuktikan dengan (0,346) lebih besar dari pada rtabel , pada taraf signifikansi 5% namun kurang signifikan pada taraf 1% (0,325<0,346 < 0, 418), dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu semakin baik kesetaraan gender dilakukan maka semakin berminat siswa mengikuti proses pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Ibnul Fallaah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 17 Jul 2017 03:46
Last Modified: 17 Jul 2017 03:46
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1029

Actions (login required)

View Item View Item