HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX DI SMP NEGERI 28 PALEMBANG.[SKRIPSI]

KHOTIMAH, HUSNUL (2017) HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX DI SMP NEGERI 28 PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HUSNUL KHOTIMAH 12210116.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Kemajuan teknologi dan pembelajaran dengan menggunakan media berbasis komputer dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah yang berdampak pada hasil pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dapat digunakan pada pembelajaran di sekolah sebab cukup efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa terutama komputer. Dengan bantuan media berbasis komputer tersebut dapat menunjang siswa dan guru terutama dalam aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengenai Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX Di SMP Negeri 28 Palembang. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder, adapun yang menjadi sampling dalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Untuk mendapatkan data, peneliti meyebarkan angket tentang penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dan angket tentang aktivitas belajar siswa. Untuk analisis sendiri peneliti menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan ini yaitu, pertama, penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dapat dikatagorikan sedang, terbukti 40 siswa sebagai responden terdapat 21 siswa atau 52,5% yang menyatakan sedang, dikatagorikan sedang karena media pembelajaran sudah mampu untuk membantu proses pembelajaran. Kedua, aktivitas belajar siswa tergolong sedang karena hal ini terbukti dari hasil angket yang disebarkan dan didapatkan 30 siswa atau 75% yang menyatakan sedang karena aktivitas belajar siswa memberikan kontribusi terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis komputer. Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dan aktivitas belajar siswa, dengan perhitungan hasil korelasi product moment sebesar 0,679 jika dikonsultasikan dengan tabel distribusi (r tabel) maka taraf signifikansi 5% adalah 0,320 dan 1% 0,413. Ini berarti hipotesis penelitian Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa menunjukkan hubungan penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dan aktivitas belajar siswa mempunyai hubungan yang signifikan. Hal ini dapat dikatakan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis komputer mempunyai hubungan yang positif dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX di SMP Negeri 28 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:44
Last Modified: 24 Jul 2017 04:44
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1067

Actions (login required)

View Item View Item