PELAKSANAAN PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SD IT NURUL IMAN PALEMBANG.[SKRIPSI]

HALIMAH, HALIMAH (2017) PELAKSANAAN PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SD IT NURUL IMAN PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
HALIMAH (12210103).pdf

Download (658kB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini tentang Pelaksanaan Pembinaan Akhlak Siswa di SD IT Nurul Iman Palembang. Adapun latar belakangnya adalah terdapat beberapa permasalahan akhlak siswa sebelum dilaksanakan program pembinaan akhlak siswa di SD IT Nurul Iman, di antaranya pernah ditemui banyak siswa yang tidak disiplin dengan aturan sekolah, siswa yang tidak patuh terhadap guru, kasar terhadap teman sebaya, berbicara yang tidak baik, dan lain sebagainya yang merupakan semua permasalahan akhlak yang membutuhkan pembinaan akhlak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan program pembinaan akhlak siswa di SD IT Nurul Iman Palembang? Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program pembinaan akhlak di SD IT Nurul Iman Palembang? Bagaimana dampak program pembinaan akhlak terhadap peningkatan akhlak siswa di SD IT Nurul Iman Palembang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program pembinaan akhlak siswa, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat serta dampak program pembinaan akhlak siswa terhadap peningkatan akhlak siswa di SD IT Nurul Iman Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari informan, informannya adalah kepala sekolah, koordinator keagamaan, guru PAI, dan siswa. Sedangkan sumber data sekundernya adalah data penunjang seperti buku-buku, internet, dan bahan pustaka yang relevan dengan penelitian ini. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data cara Miles dan Huberman, yaitu dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama: Pelaksanaan program pembinaan akhlak siswa di SD IT Nurul Iman Palembang sudah berjalan sebagaimana mestinya dan terlaksana dengan baik, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, dengan menggunakan metode dan materi yang bervariasi dan dilakukan evaluasi program setiap satu bulan sekali. Kedua: Faktor pendukung program pembinaan akhlak siswa meliputi tersedianya sarana dan prasarana, kerja sama yang baik antara guru dalam mengarahkan siswa. Faktor penghambatnya yaitu masih terdapat siswa yang sulit diatur dan belum ada evaluasi khusus untuk siswa. Ketiga: Dampak program pembinaan akhlak terhadap peningkatan akhlak siswa di SD IT Nurul Iman berjalan secara perlahan-lahan dan menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik, baik akhlak siswa terhadap Allah, akhlak siswa terhadap diri sendiri, dan akhlak siswa terhadap sesama manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 24 Jul 2017 06:56
Last Modified: 24 Jul 2017 06:56
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1073

Actions (login required)

View Item View Item