HUBUNGAN STUDI TENTANG FUNGSI PERPUSTAKAAN DAN PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN SISWA DI SMAN 1 BANYUASIN I, KABUPATEN BANYUASIN.[SKRIPSI]

FEBRIANI, MAGHDALENA (2015) HUBUNGAN STUDI TENTANG FUNGSI PERPUSTAKAAN DAN PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN SISWA DI SMAN 1 BANYUASIN I, KABUPATEN BANYUASIN.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
MAGHDALENA FEBRIANI (11422038).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Skripsi ini berjudul “Hubungan Studi Tentang Fungsi Perpustakaan dan Peningkatan Proses Pembelajaran Siswa di SMAN 1 Banyuasin I, Kabupaten ”. Banyuasin I. Adapun tujuan penulisan skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui fungsi perpustakaan dengan meningkatnya proses belajar siswa di SMAN 1 Banyuasin I. (2) Untuk mengetahui hasil (out come) dari hubungan antara fungsi perpustakaan dengan proses belajar siswa di SMAN 1 Banyuasin I. Sering ditemukan adanya sekolah yang kurang atau bahkan tidak memperhatikan pentingnya fungsi perpustakaan, sehingga sekolah tersebut tidak mampu menciptakan dan mempersiapkan peserta didiknya untuk menghadapi tantangan yang timbul akibat kemajuan ilmu teknologi serta era gloalisasi saat ini. Kurangnya memanfaatkan fungsi perpustakaan disebabkan ketidak mampuan siswa atau kurang menyadari pentingnya fungsi seuah perpustakaan dalam proses belajar mengajar. Jenisi penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode oservasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Fungsi Perpustaakaan baik sebanyak (23,33%) tergolong tinggi (baik), yang dikategorikan sedang sebanyak (63,33%), sedangkkan yang dikategorikan rendah sebanyak (13,33%). Ini menunjukkan bahwa proses belajar siswa memanfaatkan fungsi perpustakaan dapat dikatakan sedang. Hasil Proses Belajar Siswa baik sebanyak (20%), yang dikategorikan sedang sebanyak (66,67%) sedangkkan yang dikategorikan rendah sebanyak (13,33%). Ini menunjukkan bahwa Hasil Proses Belajar Siswa yang memanfaatkan fungsi perpustakaan sebagai Prestasi Belajar dikategorikan sedang. Nilai rxy = 0,783 lebih besar daripada “r” tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Dengan ini maka Ho ditolak, dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara fungsi perpustakaan dan peningkatan proses belajar siswa di SMAN 1 Banyuasin I.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 25 Jul 2017 08:03
Last Modified: 25 Jul 2017 08:03
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1092

Actions (login required)

View Item View Item