PENGARUH PENERAPAN TEORI BELAJAR GAGNE MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 38 PALEMBANG.[SKRIPSI]

SUSANTI, SUSANTI (2016) PENGARUH PENERAPAN TEORI BELAJAR GAGNE MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 38 PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SUSANTI 11221057.pdf

Download (9MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa yang menggunakan teori belajar Gagne menggunakan metode eksperimen dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 38 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah desain Posttest - Only Control Design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IX yang ada di SMP Negeri 38 Palembang tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari enam kelas dengan jumlah siswa 230 siswa. Dari enam kelas populasi diambil dua kelas sampel yaitu kelas IX.1 dengan jumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.3 berjumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol. Dengan penentuan sampel teknik purposive sampling. Penelitian itu dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Pertemuan pertama sampai dengan tiga kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan teori belajar Gagne menggunakan metode eksperimen dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi lengkung. Pada pertemuan keempat kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui adakah pengaruh hasil belajar mereka setelah diberi perlakuan. Data penelitian ini dihasilkan dari tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika selama diterapkan teori belajar Gagne menggunakan metode eksperimen didapat harga ttabel = sehingga thitung = 4,96 > ttabel = 1 karena thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh teori belajar Gagne menggunakan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa di SMP N 38 Palembang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP Negeri 38 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teori belajar Gagne dengan metode eksperimen, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 27 Jul 2017 01:13
Last Modified: 27 Jul 2017 01:13
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1115

Actions (login required)

View Item View Item