PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERI PENGUATAN (REINFORCEMENT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTS AULIA CENDIKIA PALEMBANG.[SKRIPSI]

Sari, Eka Puspita (2017) PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERI PENGUATAN (REINFORCEMENT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTS AULIA CENDIKIA PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Eka Puspita Sari (12210074).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh keterampilan guru dalam memberi (reinforcement) terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII di MTs Aulia Cendikia Palembang. Rumusan masalah dari skripsi ini adalah Bagaimana Keterampilan Guru dalam memberi penguatan (Reinforcement) kelas VIII di MTs Aulia Cendikia Palembang? Bagaimana Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak Di MTs Aulia Cendikia Palembang? Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan guru dalam memberi penguatan (Reinforcement) terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII di MTs Aulia Cendikia Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiUntuk mengetahui Keterampilan Guru Dalam memberi penguatan ( Reinforcement) kelas VIII di MTs AuliaCendikia Palembang. Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Aulia Cendikia Palembang. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dalam pemberian (reinforcement) dengan Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Aulia Cendikia Palembang. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen, dengan pendekatan kuantitatif, adapun yang menjadi sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII. B dengan jumlah 34 siswa dan kelas VIII. C dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis datanya menggunakan uji-t. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus statistik parametrik dengan menggunakan tes “T”. Dengan demikian, hasil eksperimen yang peneliti lakukan menunjukkan adanya pengaruh keterampilan guru dalam memberi penguatan (reinforcement) terhadap aktivitasbelajarsiswa, dengannilaidk= 66, taraf signifikan 0,05diperolehnilai t-hitung4,488 >ttabel1,997. Maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya adanya pengauh yang signifikan antara keterampilan guru dalam memberi penguatan (reinforcement) terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII MTs Aulia Cendikia Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar siswa, penguatan (reinforcement)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 27 Jul 2017 02:00
Last Modified: 27 Jul 2017 02:00
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1119

Actions (login required)

View Item View Item