PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN SEBELUM BELAJAR (Study di SD Negeri 109 Palembang).[SKRIPSI]

Wulandari, Sri (2016) PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN SEBELUM BELAJAR (Study di SD Negeri 109 Palembang).[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Sri Wulandari-12210241.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Sebelum Belajar (Study di SD Negeri 109 Palembang). Skripsi, Palembang: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisa secara mendalam bagaimana pembinaan akhlakul karimah siswa yang dilakukan di SD Negeri 109 Palembang, (2) Bagaimana Proses Pembiasaaan membaca Al-Qur’an sebelum belajar dalam membina akhlakul karimah siswa di SD Negeri 109 Palembang serta (3) Faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan kegiatan pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum belajar dalam membina akhlakul karimah siswa di SD Negeri 109 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latarbelakang tempat SD Negeri 109 Palembang dengan metode pemilihan subjek penelitian atau informan menggunakan teknik Purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara secara mendalam, observasi Partisipatf dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Triangulasi sumber (mengamati data hasil pengamatan dengan wawancara) Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)Pembinaan akhlakul karimah yang dilakukan di SD Negeri 109 Palembang dilakukan dengan berbagai cara dan metode, diantaranya pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum belajar, pembiasaan hal-hal baik, melalui nasehat, penghargaan dan hukuman,serta metode keteladan. (2) Pelaksanaan program pembiasaan membaca Al-Qur’an di SD Negeri 109 Palembang ini berjalan kurang lebih sudah 3 tahun lamanya, yakni sebelum adanya surat keputusan dari DISDIKOPRA Kota Palembang mengenai Penerapan Jam Ke NOL yang dilakukan setiap pagi hari selama 20 menit dengan membaca surat-surat pendek di dalam Al-Qur’an atau membaca juz amma. (3) faktor pendukung dari pelaksananaan membaca Al-Qur’an sebelum belajar adalah adanya keinginan dari kepala sekolah dan orang tua siswa untuk mengenalkan kepada siswa agar siswa senantiasa dekat dengan ayat-ayat Al-Qur’an, sebelum memulai aktifitas di pagi hari. (4) Faktor penghambat dari pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari faktor internal dan eksternal, dari faktor internal adalah kondisi guru dan siswanya sendiri yang belum disiplin dalam melaksanaakan program kegiatan Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Sebelum Belajar, masih adanya anggapan bahwa pelaksanaan ini adalah tanggung jawab dari Guru Agama Islam. Dari faktor eksternal adalah kondisi sarana prasarana sekolah yang belum lengkap, kurang adanya kontroling dari pihak atas (DISDIKPORA) dalam pelaksanaannya di sekolah serta kurang tegasnya pihak sekolah dalam mendisiplinkan guru-gurunya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembinaan, akhlakul karimah, pembiasaan, Membaca, Al-Qur’an
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 28 Jul 2017 04:03
Last Modified: 28 Jul 2017 04:03
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item View Item