PENGARUH TEKNIK ROUND ROBIN TERHADAPKETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUL AITAM PALEMBANG.[SKRIPSI]

SULESTYANI, DESIYANA GITA (2016) PENGARUH TEKNIK ROUND ROBIN TERHADAPKETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUL AITAM PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
DESIYANA GITA SULESTYANI 12270025.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh teknik round robin terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Daarul Aitam Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keterampilan berbicara siswa kelas eksperimen yang menggunakan teknik round robin pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang, bagaimana keterampilan berbicara siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan teknik round robin pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang, dan apakah ada pengaruh dari penggunaan Teknik round robin terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Daarul Aitam Palembang. Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji ”t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: keterampilan berbicara siswa kelas V.B (kelas eksperimen) di MI Daarul Aitam Palembang yang menggunakan teknik round robin, tergolong tinggi dengan persentase 32%. Diikuti dengan keterampilan berbicara siswa yang tergolong sedang sebanyak 49%, dan tergolong rendah sebanyak 19%. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai keterampilan berbicara siswa pada saat posttest. Sedangkan keterampilan berbicara siswa kelas V.A (kelas kontrol) di MI Daarul Aitam Palembang yang tidak menggunakan teknik round robin, tergolong tinggi dengan presentase 14%. Diikuti dengan keterampilan berbicara siswa yang tergolong sedang sebanyak 62%, dan tergolong rendah sebanyak 24%. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai keterampilan berbicara siswa pada saat posttest. Dari analisis data keterampilan berbicara siswa di MI Daarul Aitam Palembang, terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan berbicara siswa kelas V.B (Kelas Eksperimen) yang menggunakan teknik round robin dengan keterampilan berbicara siswa kelas V.A (Kelas Kontrol). Dengan demikian, pengaruh penggunaan teknik round robin terhadap keterampilan berbicara siswa sangat signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji t yaitu: perhitungan (to = 12,54) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (tt5% = 2,03 dan tt1% = 2,72) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,03 < 12,54 > 2,72. Jadi, dapat disimpulkan bahwa mengajar dengan menggunakan teknik round robin memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Daarul Aitam Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 31 Jul 2017 01:17
Last Modified: 31 Jul 2017 01:17
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item