IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR’AN DALAM PEMBINAAN CINTA AL-QUR’AN OLEH SISWA DI SMP LTI IGM PALEMBANG.[SKRIPSI]

Jaya, Syafril Fitrah (2017) IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBIASAAN TADARUS AL-QUR’AN DALAM PEMBINAAN CINTA AL-QUR’AN OLEH SISWA DI SMP LTI IGM PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SYAFRIL FITRAH JAYA (10210150).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Pada zaman yang telah modern ini, kemajuan teknologi semakin pesat dan aktivitas-aktivitas selalu bertambah bagi manusia, sehingga pada saat ini banyak yang sampai melupakan aktivitas keagamaan, seperti mengaji, bersedekah, bahkan sampai dengan tidak sholat. Kemudian dengan pengaruh seperti ini, bahkan sampai kepada anak-anak, yang mengikuti zaman. Penelitian ini berjudul “Implementasi Program Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an dalam Pembinaan Cinta Al-Qur’an oleh Siswa di SMP LTI IGM Palembang”. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana Implementasi Program Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an dalam Pembinaan Cinta Al-Qur’an oleh Siswa di SMP LTI IGM Palembang dan faktor-faktor pendukung dan penghambat Implementasi program pembiasaan tadarus di SMP LTI IGM Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui akan program tersebut dan juga mengetahui akan kecintaan siswa pada kitab Al-Qur’an di SMP LTI IGM Palembang, serta apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pelaksaaan program pembinaan cinta Al-Qur’an siswa tersebut. Penelitian ini merupakan not statistic field research (penelitian lapangan non statistik). Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu menguraikan, menggambarkan dan mengklasifikasikannya sesuai dengan jenis penelitian yang dibutuhkan kemudian disimpulkan. Dengan informan beberapa orang diantaranya, kepala sekolah, guru/pembina Imtaq, dan siswa, yang dipandang cocok dalam pengumpulan.sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah sumber data pokok yang berasal dari kepala sekolah, guru/pembina imtaq dan siswa. Data sekunder adalah data-data penunjang yang diperoleh dari buku-buku, dan data lain yang berhubungan dengan masalah penelitian. Hasil penelitian ini, telah terkumpul data mengenai Implementasi program pembiasaan tadarus Al-Qur’an, yang terlihat dari pelaksanaannya ditambah dengan hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Program ini dapat dikatakan sebagai pembinaan cinta Al-Qur’an siswa, karena dinilai baik dan telah terbukti dengan bertambahnya minat siswa terhadap Al-Qur’an. Di dalam pelaksanaannya, program ini terdapat faktor pendukung dan penghambat, untuk itu masih perlu peningkatan agar dapat lebih maksimal. Faktor pendukung pada program ini diantaranya, program pembiasaan tadarus sudah dianggap sebagai budaya karena telah dilaksanakan sejak lama, sehingga masih dipertahankan sampai dengan sekarang. Kemudian program ini dipegang langsung oleh guru yang membidangi, dan suasana di sekolah telah tercipta nuansa religius, serta siswa pun sangat antusias dengan program pembiasaan tadarus ini. Selanjutnya pada program ini juga terdapat faktor penghambat seperti, guru yang membidangi terbilang sangat sedikit, sehingga cukup sulit dalam membimbing seluruh siswa yang terbilang banyak. Kemudian sarana prasarana yang belum maksimal, sehingga kegiatan tadarus kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 31 Jul 2017 03:50
Last Modified: 31 Jul 2017 03:50
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1141

Actions (login required)

View Item View Item