PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PERSONAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]

Safari, Walin (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PERSONAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Walin Safari (12270146).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Model Personal terhadap hasil belajar Siswa Tentang Materi Makanan dan Minuman yang Haram Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Wathoniyah Palembang. Alasan peneliti ingin membahas masalah ini karena Madrasah Ibtidaiyah ini jarang menggunakan model Personal dalam proses belajar mengajar dan peneliti berminat untuk mengadakan penelitian mengenai penggunaan model Personal. Bagaimana hasil belajar siswa sesudah menerapkan model Personal pada mata pelajaran Fiqih di MI Wathoniyah Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa sesudah menerapkan Personal pada mata pelajaran Fiqih di MI Wathoniyah Palembang? Bagaimana pengaruh model Personal terhadap hasil belajar siswa Kelas Eksperimen sesudah diterapkan model Personal dan Kelas Kontrol yang tidak menerapkan model Personal pada mata pelajaran Fiqih di MI Wathoniyah Palembang? Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang yaitu kelas V A eksperimen 25 orang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 16 orang perempuan dan di kelas V B kontrol 25 orang terdiri dari laki-laki 10 orang dan perempuan 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, tes (posttest), dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji ”t”. Dari analisis tersebut pertama pelaksanaan model personal pada mata pelajaran Fiqih Materi Makanan & Minuman yang Haram di Kelas V MI Wathoniyah Palembang diterima dengan baik oleh siswa, karena model pembelajaran ini sangat menarik dan bisa mengaktifkan siswa saat proses belajar. Kedua Hasil belajar siswa (kelas eksperimen) memperoleh nilai rata-rata 82, tergolong tinggi ada 3 orang siswa dengan persentase 12%, tergolong sedang ada 15 orang siswa dengan persentase 60% dan tergolong rendah ada 7 orang siswa dengan persentase 28%. Sedangkan hasil belajar siswa (kelas kontrol) memperoleh nilai rata-rata 67, tergolong tinggi ada 7 orang siswa dengan persentase 28%, tergolong sedang ada 12 orang siswa dengan persentase 48%, dan yang tergolong rendah ada 6 orang siswa sebanyak 24%. Hal ini dapat dilihat dari nilai posttest.. Ketiga adanya pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan model Personal di kelas VA, hal ini dapat dilihat hasil uji hipotesis menggunakan uji t yaitu: perhitungan (to = 4,16) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts 5% =2,01 dan ttts 1% = 2,68) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,01 < 4,16 > 2,68.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 31 Jul 2017 04:45
Last Modified: 31 Jul 2017 04:45
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item View Item