PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH SU-1 PALEMBANG.[SKRIPSI]

MUSTIKA, MELI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH SU-1 PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
MELI MUSTIKA (12270085).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah kesulitan siswa dalam mengucapkan kalimat yang jelas sehingga menyebabkan siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU-1 Palembang nilai Bahasa Indonesia siswa tersebut menjadi dibawah KKM. Hal diatas disebabkan oleh kurangnya penguasaan guru dalam model dan cara menyampaikan materi ajar. Melalui model pembelajaran artikulasi ini diharapkan mampu membuat siswa lebih bersemangat dan antusias lagi dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas, khususnya pelajaran Bahasa Indonesia, sehingga KKM siswa bisa meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini. 1) Bagaimanakah keterampilan berbicara siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah sebelum di terapkan Model Artikulasi, 2) Bagaimanakah keterampilan berbicara siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah sesudah diterapkan Model Artikulasi ,3) Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran artikulasi dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU 1 Palembang Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penggunaan pre-ekperimental designs bentuk one-group pretest-postest design sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Dalam penelitian ini kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas IVsebanyak 15 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan Pertama, pengaruh penerapan Model Artikulasi yang dilaksanakan praktek langsung selama 6x pertemuan dengan materi tentang pengunaan alat. Model Artikulasi yang dapat dilihat melalui observasi guru kelas ketika peneliti melakukan penelitian. Kedua, hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model Artikulasi mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari presentase hasil keterampilan berbicara siswa pada saat pre-test yaitu yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 3 orang siswa (20%), nilai sedang 9 orang siswa 60%), dan nilai rendah 3 orang siswa (20%) sedangkan pada pos-ttest yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 3 orang siswa (20%), nilai sedang 11 orang siswa (73%), dan dan nilai rendah 1 orang siswa (7%). Ketiga, Uji hipotesa dengan menggunakan rumus uji “t” didapatkan kesimpulan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (t0=-9,161) dan besarnya t yang tercantum pada tabel tt.ts.5%= 2,14 dan tt.ts.1%= 2,98 maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar daripada tt; yaitu 2,14<-9,161>2,98. Dengan demikian dari uji hipotesis penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa H0 yang diajukan ditolak.Ini berarti Ha diterima, bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran arikulasi dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa sebelum dan sesudah diajarkan dikelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indon esia di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah SU-1 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 08 Aug 2017 06:58
Last Modified: 08 Aug 2017 06:58
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1175

Actions (login required)

View Item View Item