PENGARUH PENERAPAN MEDIA BAGAN ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MEMAHAMI HUKUM ISLAM TENTANG HEWAN SEBAGAI SUMBER BAHAN MAKANAN KELAS VIII DI SMP PTI PALEMBANG.[SKRIPSI]

AL AGAM, M. HARIST (2017) PENGARUH PENERAPAN MEDIA BAGAN ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MEMAHAMI HUKUM ISLAM TENTANG HEWAN SEBAGAI SUMBER BAHAN MAKANAN KELAS VIII DI SMP PTI PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
M. HARIST AL AGAM (12210142).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Prosesbelajar mengajar adalah suatu proses yang dengan sengaja diciptakan untuk kepentingan anak didik. Agar anak didik senang dan bergairah untuk belajar, guru berusaha menyediakan dan menggunakan semua potensi dan upaya. Masalah motivasi adalah masalah yang penting bagi anak didik, Motivasi belajar dapat timbul karena faktor eksterinsik yaitu adanya penghargaan, lingkungan yang kondusif, dankegiatanbelajar yang menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan media bagan organisasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi memahami hukum islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan kelas VIII SMP PTI Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan media bagan organisasi terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket skala likert. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Berdasarkan uji persyaratan analisis data, menunjukkan bahwa hasil skor angket siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal, karena harga Km terletak antara -1 dan +1 dalam selang (-1 ˂ Km ˃ +1). Kemudian dilakukan uji homogenitas pada hasil skor angket siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan bahwa data homogen. Data dikatakan homogen jika nilai F hitung memiliki signifikasi lebih besar dari taraf kesalahan 5% atau 0,05.Setelah dilakukan perhitungan dengan rumus uji-t pada hasil skor angket siswa diperoleh t hitung sebesar 11,41 kemudian dikonsultasikan dengan t tabel dengan dk=(n1+n2-2) atau 30+30-2=58 dengan taraf signifikasi 5 % yaitu 2.00172. Setelahdikonsultasikanternyata t hitung˃ttabelatau 11,41˃2,00172. Hal iniberarti Ho ditolakdan Ha diterima. Inimenunjukkanbahwapenggunaan media pembelajaranBaganOrganisasiberpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswapadamata pelajaranPendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP PTI Palembang. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu mengajar dengan menggunakan media pembelajaran Bagan organisasi memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP PTI Palembang. Untuk itu disarankan penggunaan media pembelajaran media bagan organisasi dalam proses belajar mengajar termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 10 Aug 2017 04:13
Last Modified: 10 Aug 2017 04:13
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1200

Actions (login required)

View Item View Item