HUBUNGAN ANTARA KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN ASERTIVITAS PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH PATRA MANDIRI PALEMBANG.[SKRIPSI]

ANGGRAINI, JULIA (2016) HUBUNGAN ANTARA KEBUTUHAN AFILIASI DENGAN ASERTIVITAS PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH PATRA MANDIRI PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Julia Anggraini (12350082).pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Manusia adalah mahkluk sosial yang memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain. Kebutuhan ini dikenal sebagai kebutuhan afiliasi. Adanya kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain dapat berpengaruh terhadap perilaku individu. Pengaruh ini dapat menyebabkan individu menjadi lebih asertif atau aktif dan dapat juga menyebabkan individu menjadi lebih pasif bahkan agresif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kebutuhan afiliasi. Sedangkan variabel terikatnya adalah asertivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebutuhan afiliasi dengan asertivitas pada peserta didik di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Palembang dan seberapa besar hubungan antara kebutuhan afiliasi dengan asertivitas peserta didik di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Palembang. Hipotesis dalam penelitian ini bahwa ada hubungan yang positif antara kebutuhan afiliasi dengan asertivitas pada peserta didik di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Palembang Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik di Madrasah Aliyah Patra Mandiri Palembang yang berjumlah 523 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel 180 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kebutuhan afiliasi dan skala asertivitas. Analisis menggunakan analisis regresi sederhana. keseluruhan perhitungan statistik dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 19,00. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebutuhan afiliasi dan asertivitas memiliki hubungan yang positif dengan koefisien korelasi sebesar 0,280 (R = 0,280) dan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 di mana p < 0,05. Sedangkan nilai R square menunjukkan angka 0,078, yang berarti sumbangsi kebutuhan afiliasi terhadap asertivitas sebesar 7,8%. Hasil ini menunjukan bahwa kebutuhan afiliasi merupakan salah satu sumber dalam diri peserta didik yang mempengaruhi asertivitas pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan afiliasi, Asertivitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 11 Aug 2017 06:55
Last Modified: 11 Aug 2017 06:55
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item View Item